Batam, Lendoot.com –  Logistik Pemilu 2019 di Kota Batam mulai didistribusikan ke pulau-pulau. Di Kecamatan Belakangpadang, Senin (15/4/2019), pendistribusian juga dilakukan dengan menggunakan dua kapal (boat) pancung berukuran besar.

“Pagi ini untuk kelurahan di Pulau Pemping, Kasu, Pecung, dan Pulau Terung akan didrop. Pakai dua boat. Untuk Kasu 11 TPS (tempat pemungutan suara) dan Pemping 3 TPS pakai satu boat. Satu boat lagi untuk Pulau Pecung 3 TPS dan Pulau Terung 12 TPS ,” papar Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto.

Sekitar pukul 13.30 WIB logistik untuk pemilihan di empat kelurahan ini sudah sampai di Kantor Lurah sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing. Sementara untuk distribusi ke tiap TPS yang berlokasi di pulau-pulau sekitar, akan dilaksanakan pada H-1 Pemilu atau Selasa (16/4/2019).

“Besok (Selasa) disebar ke TPS. Seperti ke Geranting, atau Pulau Labun yang terluar. Biasanya itu satu pulau satu TPS. Jadi akan didistribusikan dengan menggunakan kapal milik masyarakat yang berukuran lebih kecil. Tapi tetap pembiayaannya semua dari KPU,” terang mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam ini.

Ia memaparkan, logistik dikirim dari gudang KPU ke Pulau Belakangpadang, Minggu (14/4/2019). Jumlah logistik yang diterima sebanyak 350 kotak untuk 70 TPS.

Berangkat dari gudang KPU sekitar pukul 14.00 dan sampai di Belakangpadang sejam setelahnya. Logistik diangkut dari Pelabuhan Polairud Sekupang di pulau utama. Lokasi pelabuhan tak jauh dari gudang logistik KPU.

“Dari Sekupang ke Belakangpadang logistiknya diangkut pakai tiga boat pancung berukuran besar, yang memang biasa digunakan untuk ekspedisi barang,” tuturnya.

Sampai di Pulau Belakang Padang, sambung Yudi, logistik Pemilu dibawa dan disimpan di Gedung Nasional. Pengangkutan logistik dari pelabuhan ke gedung nasional ini menggunakan tiga mobil yakni operasional kebersihan, ambulans puskesmas, dan mobil jenazah. Selain itu juga dibantu tiga unit becak motor.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Syahrul Huda mengatakan distribusi logistik Pemilu untuk tiga kecamatan pulau penyangga, Bulang, Galang, Belakangpadang, tidak ada masalah. Dan sudah lebih dulu dilaksanakan sejak 14 April lalu. Sedangkan untuk kecamatan-kecamatan di pulau utama hari ini sedang didistribusikan.

“Besok paling terakhir di bawah jam 12 sudah terdistribusi semua,” ujarnya yakin.(*/KMG)