Batam, Lendoot.com – Lima media di bawah perusahaan bidang media massa di Provinsi Kepulauan Riau mendapat kesempatan mengikuti verifikasi faktual Dewan Pers.

Akhir April ini, lima media massa online yang diverifikasi faktual DP di antaranya; Batamxinwen.com, Batampos.co.id, Posmetro.co.id, Lendoot.com dan Kabarbatam.com.

Tim verifikasi yang diketuai Henry CH Bangun pertama mendatangi kantor Batamxinwen, dilanjutkan ke kantor Batampos.co.id, kemudian ke kantor Posmetro.co.id, lalu ke Kantor Lendoot.com. Verifikasi faktual diakhiri di kantor Kabarbatam.com.

Dari verifikasi tersebut, tim verifikasi akan membawa hasilnya ke rapat pleno Dewan Pers untuk kemudian ditetapkan sebagai media terverifikasi adminitrasi dan faktual.

Sebelumnya, media-media tersebut sudah terverifikasi adminitrasi. Untuk memastikan media tersebut berjalan, DP meninjau langsung kantor sekretriat dan kantor redaksi media bersangkutan.

Selain fisik kantor, DP juga memeriksa kelengkapan legalitas perusahaan, standar operasi prosedur (SOP) perlindungan wartawan, dokumen kepatuhan terhadap UU ketenagakerjaan, syarat lulus uji kompetensi wartawan (UKW) Utama bagi pemimpin redaksinya.

Selain itu ada beberapa syarat penting lain juga harus dipenuhi media yang diverifikasi faktual tersebut. Di antaranya; memiliki visi misi media, jaminan keselamatan dan kesehatan terhadap karyawan, serta beberapa syarat lainnya.

Henry CH Bangun mengatakan, secara umum lima media yang diverifikasi tersebut sudah memenuhi persyaratan tersebut di atas. “Selanjutnya kami minta soft copy atau dalam bentuk digital persyaratan-persyaratan itu,” katanya.

Lendoot.com merupakan salah satu member Kepri Media Group (tergabung bersama wartakepri.co.id, mediakepri.co.id, batamclick.com dan keprinews.co.id) yang awal tahun lalu telah terverifikasi administrasi.(msa)