Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). (ist)

Karimun, Lendoot.com – Sidang perdana gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karimun tahun 2020 baru saja selesai digelar di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Sidang Gugatan Pilkada Karimun itu digelar bersamaan dengan 3 perkara sengketa Pilkada dari Kota Batam, Kabupaten Lingga dan Provinsi Kepri. Sidang itu dipimpin langsung oleh Hakim Andri dengan dua orang hakim anggota.

Turut hadir dalam kegiatan itu juga, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah- Anwar Abubakar beserta Tim Kuasa Hukumnya.

Sidang perdana gugatan Pilkada Karimun, Kepri 2020 ini khusus pemeriksaan dokumen dan bukti bukti serta saksi dari pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karimun Nomor Urut 2, Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

Dalam sidang yang diambil secara langsung, Majelis Hakim menetapkan Gugatan Paslon Bersinar disahkan dan akan disidangkan kembali pada Jumat (5/2/2021) mendatang.

“Perkara 68 yakni Kabupaten Karimun, permohonan dari bapak Aunur Rafiq – Anwar Hasyim untuk menjadi pihak yang terkait disahkan,” ujar Hakim Ketua Arief Hidayat dikutip dari kanal Youtube Mahkamah Konstisional, Kamis (28/1/2021).

Selain itu, Hakim Arief dalam sidang itu juga meminta maaf kepada Pemohon untuk memberikan bukti bukti dan bukti.

“Terhadap permohonan perkara 68 kita sahkan dengan catatan harus dilengkapi,” katanya.

Terkait sidang yang digelar di Mahkamah Konstitusi, Sekretaris DPD PKS Mohammad Ginastra menyerukan, terhadap itu, pihaknya memberikan hasil sejumlah dokumen.

“Alhamdulillah sidang perdana ini berjalan lancar. Pada sidang kali ini, Majelis Hakim minta kami untuk menambah bukti dan saksi. Insya Allah dapat kami penuhi, ”kata Sekretaris DPD PKS Kabupaten Karimun, Mohammad Ginastra dari Jakarta, Kamis siang.

Sidang kata Ginastra akan kembali digelar pada Jumat (5/2/2021) mendatang dengan agenda mendengarkan jawaban dari pihak termohon KPU Karimun, pihak terkait kubu Paslon Bupati-Wabup Karimun Nomor Urut 1, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim dan pihak pemberi keterangan Bawaslu Karimun.

“Sidang Jumat depan lagi,” kata Ginastra. (rko)