Karimun, Lendoot.com – Sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karimun tahun 2020 resmi digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (28/1/2021) sekira pukul 08.00 WIB.

Sidang perdana gugatan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2 Iskandarsyah-Anwar Abubakar itu digelar dengan agenda pemeriksaan keabsahan dokumen pemohon dari kubu Bersinar.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Karimun Muhammad Ginastra dikonfirmasi terkait persiapan dalam sidang itu mengatakan, pihaknya telah siap menjalani sidang perdana itu.

“Hari ini masih sidang pendahuluan. InsyaAllah kami dan tim siap,” kata Ginastra, Kamis (28/1/2021).

Berdasarkan mekanisme berita acara di MK, sebelum masuk ke pokok perkara terlebih dahulu digelar sidang pendahuluan. Sidang pendahuluan itu ditetapkan dalam jangka waktu 14 hari setelah permohonan dicatat dalam buku register sebagaimana diatur dalam Pasal 34 UU MK.

Dalam sidang ini, MK mengadakan pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan. Pemeriksaan ini dilakukan oleh panel atau pleno dalam sidang pemeriksaan pendahuluan yang terbuka untuk umum.

Nantinya, apabila dalam pemeriksaan ini ternyata materi permohonan itu tidak lengkap dan/atau tidak jelas, maka menjadi kewajiban MK memberikan nasihat kepada pemohon untuk melengkapi dan/atau memperbaikinya. Untuk itu kepada pemohon diberikan waktu paling lambat 14 hari.

Pilkada Karimun digelar dengan dua kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun. Kedua kandidat itu antara lain Aunur Rafiq- Anwar Hasyim dan Iskandarsyah- Anwar Abubakar.

Dalam hasil perhitungan suara pemilih, KPU Kabupaten Karimun menetapkan pasangan nomor urut 1 Aunur Rafiq- Anwar Hasyim unggul 76 suara dari kubu 02 Iskandarsyah- Anwar Abubakar.

Hasil Pilkada Karimun 2020 itu kemudian ditolak oleh pasangan penantang Iskandarsyah-Anwar Abubakar. Keduanya kemudian mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Sidang perdana direncanakan digelar Kamis (28/1/2021) pagi ini mulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan agenda pemeriksaan dokumen pemohon.(rko)