Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 7420 peserta meramaikan kegiatan pawai taaruf yang digelar di Jalan Teluk Air Kecamatan Karimun, Senin pagi (25/3/2019).

Kegiatan yang dilepas oleh Bupati Karimun itu merupakan rangkaian agenda dari perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI tingkat Kabupaten Karimun.

“Ini pesertanya yang ikut baru dari instansi, sekolah dan pihak swasta, jika melibatkan masyarakat saya rasa pasti bisa sampai belasan ribu peserta,” ujar Rafiq.

Pawai taaruf itu diikuti oleh seluruh peserta dari 12 Kecamatan yang ikut bertanding pada MTQ Kabupaten Karimun.

Beraneka kesenian dan budaya tradisional ditampilkan oleh masing-masing kafilah, mulai dari kesenian Melayu berupa kompang, silat, tarian Melayu dan banyak lagi. Kemudian ada reog, dan tak ketinggalan barongsai yang merupakan budaya tionghoa turut meramaikan pawai taaruf itu.

“Barongsai kan bukan merupakan suatu kegiatan upacara keagamaan, tapi merupakan bagian dari tradisi adat budaya dari masyarakat tionghoa. Sama seperti reog juga tadi dan ini kan bagian dari budaya kita, jadi khazanah budaya yang ada di tempat kita dari berbagai paguyuban, suku maka kita hargai dan kita hormati,” terang Rafiq.

Melalui event MTQ Kabupaten Karimun ke XI seluruh kesenian tradisional ditampilkan oleh berbagai macam suku

yang ada di Kabupaten Karimun. “Ini perlu kita lestarikan, dan salah satu upaya pelestarian itu adalah melibatkan kesenian yang dimiliki oleh seluruh suku yang ada di Kabupaten Karimun,” tutup Rafiq. (trirahardi)