Karimun, Lendoot.com – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Karimun siap beroperasi pada 2020 ini. Hal itu dipastikan usai Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Karimun melakukan uji coba, Sabtu (18/1/2020).

SPAM IKK Karimun nantinya akan melayani pelanggan PDAM wilayah Kecamatan Meral dan sekitarnya melalui jaringan pipa sepanjang 4,3 Kilometer yang baru selesai dibangun pada 2019 kemarin.

“Alhamdulillah, setelah kita lakukan uji coba pengoperasian SPAM IKK Karimun hingga saat ini berjalan lancar. Dan sekaligus, melakukan pengujian jaringan pipa air bersih sepanjang 4,3 kilometer yang selesai dikerjakan tahun lalu,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Karimun Indra Santo, Senin (20/1/2020).

Ia mengatakan, SPAM IKK Karimun nantinya langsung diresmikan Bupati Karimun Aunur Rafiq sekaligus pendistribusian pertama kepada pelanggan di Kecamatan Meral.

“Ada sekitar 3000 pelanggan yang akan mendapatka sambungan baru dengan debit kecepatan air mencapai 50 liter per detik,” katanya.

Indra menjelaskan untuk kualitas air PDAM Tirta Karimun hasil olahan di SPAM IKK Karimun sudah bisa layak dikonsumsi atau diminum. Namun, hanya di Instalasi Pengolahan Air (IPA) saja sedangkan untuk pelanggan belum. Kenapa demikian?Karena, katanya, jaringan pipa ke pelanggan kondisinya sudah lama.

“Khusus di IPA saja, sebab pipanya sudah memenuhi standar. Artinya, secara bertahap nanti jaringan pipa kepada pelanggan akan kita lakukan peremajaan,” katanya.

Keberadaan SPAM IKK Karimun ini, juga sebagai cadangan saat terjadi kerusakan IPA di tempat lainnya. Seperti saat ini, terjadi kerusakan IPA di Waduk Sei Bati, maka SPAM IKK Karimun langsung kita difungsikan mendistribusikan air bersih kepada pelanggan. Sehingga, bisa teratasi kebutuhan air bersih kepada para pelanggan.

“Untuk di pulau Karimun sendiri kita sudah memiliki tiga SPAM. Tinggal, pulau Kundur dan Moro yang akan difokuskan untuk pembangunan ke depannya sambil melakukan peremajaan pipa pelanggan di pulau Karimun,” katanya. (rk)