Karimun, Lendoot.com – Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio (PBS) Kabupaten Karimun tidak tanggung-tanggung turunkan jumlah penarinya untuk memeriahkan malam pembukaan Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) Kabupaten Karimun XI.

MTQ tersebut digelar di Panggung Pilar Sembilan Coastal Area pada, Selasa (26/3/2019) mendatang dengan bernuansa Islam Satu Tubuh.

Selain dari penari PBS, malam pembukaan MTQ tersebut juga akan dimeriahkan artis dari ibukota yaitu Rani yang merupakan jebolan Dangdut D’Academy Asia II.

Sebanyak 250 penari tersebut nantinya akan berkolaborasi bersama Rani dengan diiringi tarian Islam satu tubuh dan tarian closal.

Pimpinan sekaligus koreografer Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio (PBS) Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi menjelaskan, pada pembukaannya penarinya akan membawakan tarian dengan tema ‘Islam Satu Tubuh’.

“Tarian Islam satu tubuh ini merupakan gambaran Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Nu’man bin Basyir yang artinya orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh. Bila salah satu anggota tubuh sakit maka sekujur badan akan ikut merasakan sakitnya,” jelasnya, Minggu (24/3/2019) sore.

Pria yang akrab disapa Adi itu juga mengatakan, tema tersebut juga menggambarkan kesatuan bangsa. Dimana salah satu Negara kesatuan yang didalamnya dipenuh keragaman serta kekayaannya. Yaitu, berbagai suku bangsa dan budaya, ras dan keragaman budaya lainnya.

“Ini juga menggambarkan bahwa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda suku namun tetap satu dalam tujuan. Ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak bisa dipecahkan,” ujarnya. (Riandi)