Karimun, Lendoot.com- Rasa haru bercampur gembira menyambut kedatangan Jamaah Haji kloter 17 embarkasi Batam, saat tiba di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Selasa (3/9/2019) pagi.

Kedatangan para jamaah haji disambut prosesi tabur beras kunyit yang langsung dipimpin Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim didampingi Sekretaris Daerah Karimun Muhd Firmansyah di Ponton Pelabuhan Domestik Karimun.

Sehari sebelumnya, tibanya jamaah haji asal Kabupaten Karimun yang tergabung didalam kloter 17 embarkasi Batam di tanah air, disambut Bupati Karimun Aunur Rafiq di Bandara Hang Nadim. Mereka langsung diinapkan diasrama haji Batam Centre, sebelum diberangkatkan ke Karimun.

Setiba di Karimun pada Rabu pagi, para jamaah haji di bawa ke Masjid Agung Agung Karimun untuk acara syukuran dan doa bersama.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan bahwa dari 163 jemaah haji dari Kabupaten Karimun, pulang sebanyak 160 orang.

“Alhamdulillah, jemaah haji kita telah sampai. Tapi dari 163 yang berangkat, pulang sebanyak 160 orang, dua orang jemaah kita meninggal dunia saat ditanah suci dan satu orang telah dipulangkan duluan karena sakit,” ujar Rafiq, Selasa (3/9/2019).

Rafiq mengatakan, dalam pemulangan jamaah haji, terbagi dua bagiam dimana, jemaah haji yang berasal dari beberapa kecamatan di Karimun, telah langsung menuju ketempat masih-masing. Kecamatan tersebut berada di pulau-pulau.

“Jemaah dari enam Kecamatan di Karimun, telah langsung dari Batam menuju tempat masing-masing, dan empat Kecamatan ke Karimun,” katanya.

Jamaah haji yang telah kembali ke tanah air menurut Rafiq dalam kondisi sehat keseluruhanmya.

“Semuanya sehat walafiat, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrura,” ujar Rafiq.

Adapun 160 Jamaah Haji yang tergabung didalam Kloter 17 Embarkasi Batam teesebut, terdiri dari Kecamatan Karimun berjumlah 39 orang, Meral 38 orang, Tebing 23 orang, Meral Barat 2 orang, Kundur 32 orang.

Kemudian Kecamatan Kundur Barat 7 orang, Kundur Utara 6 orang, Moro 3 orang, Belat 3 orang, Ungar 2 orang, dan Durai 5 orang. (ricky robiansyah)