Karimun, Lendoot.com- Bupati Karimun Aunur Rafiq menyatakan segera memutasi dan rotasi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebelum memulai pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) 2019.

Pengrotasian Kepala OPD didasari permintaan DPRD Karimun yang disampaikam Fraksi Hanura ketika penyampaian pandangan fraksi dalam Paripurna Pengesahan APBD Perubahan pada Senin (26/9/2019) kemarin.

Rafiq mengatakan, pembahasan rotasi dan mutasi dilakukan terhadap Kepala OPD sudah mulai dibahas. Menurutnya, nama-nama Kepala OPD yang dimutasi dan Rotasi akan disampaikan pada saag pelantikan yang diprediksi pada akhir September mendatang.

“Dalam tahapan mutasi dan rotasi, akan dilakukan open bidding terhadap enam jabatan eselon II yang mengalami kekosongan. Tiga jabatan diantaranya merupakan staf ahli Bupati. Dan tiga jabatan lagi merupakan posisi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP),” kata Rafiq.

Ia mengatakan, kekosongan enam posisi jabatan eselon II itu lantaran ada yang pensiun, dan satu posisi jabatan yang dalam hal ini Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, M Arfan meninggal dunia.

“Kita sudah tetapkan kepala Panitia Seleksi (Pansel) untuk Open Bidding, mereka berasal dari KASN dan badan Pertimbangan Jabatan dan kepangkatan,” katanya.

Dikonfirmasi terkait berapa banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai layak diganti, Rafiq mengaku masih membahas hal tersebut.

“Masih digodok. Masih kami bahas juga bersama Wakil Bupati Karimun. Kalau gambaran ya sekitar 70 sampai 80 persen akan diroling. Nanti kita sampaikan, saat ini belum bisa dibocorkan dulu,” kata Rafiq. (ricky robiansyah)