Ilustrasi mimpi buruk (sehatq.com)

MEDIAKEPRI – Adakalanya mimpi buruk ketika sedang tidur kita dapatkan. Lalu kita terbangun, kita menjadi takut dan gelisah.

Dalam kajian Islam, usai kita mengalami mimpi buruk kita dianjurkan melakukan berbagai hal-hal tuntutan Rasulullah SAW.

Bila kita mengalami mimpi buruk hendaknya langkah yang kita ambil yakni, langsung bangun dari tidur dan sedapat mungkin secepatnya berwudlu.

Setelah itu, ikutilah anjuran Rasulullah SAW seperti diriwayatkan dalam hadist Sahih Muslim dan HR, Bukhari dan Muslim, di bawah ini;

“Jadi ketika salah satu dari Anda melihat mimpi yang tidak disukainya, ia harus meludah ke sisi kirinya tiga kali, berlindung kepada Allah dari Setan tiga kali, dan mengubah sisi tempat ia berbaring (Sahih Muslim) dan dalam narasi lain di Muslim, Nabi Muhammad SAW memberi tahu kami jika kami meludah tiga kali dan mencari perlindungan dari Allah maka itu (mimpi) tidak akan membahayakan mereka.” (Sahih Muslim).

Dalam riwayat  Bukhari dan Muslim lainnya, mimpi disebutkan bawah mimpi buruk itu datangnya dari setan. Sementara mimpi baik datang dari Allah SWT.

Jika mimpi itu datangnya dari setan, maka hendaknya ia meniup ke sebelah kirinya sebanyak tiga kali. Saat melakukan itu bacalah ta’awwudz sebanyak tiga kali juga.

“…Kemudian setelah itu hendaknya ia membalik tubuhnya ke sisi yang lain dengan demikian tidak ada lagi yang membahayakan.” Dalam lanjuta isi hadist tersebut ada anjuran lainnya, mimpi buruk tidak boleh diceritakan kepada seorang pun.

Setelah mendapat mimpi buruk, kita dianjurkan untuk membaca doa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Berikut ini doanya; Allahumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Dalam Sahih Muslim, Seorang sahabat Nabi SAW pernah meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Ada tiga jenis mimpi: mimpi yang benar yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang menyebabkan kesedihan adalah dari Setan, dan mimpi dari pikiran.” ****