Seorang siswa sedang diperiksa petugas sekolah di SDN 001 Tebing yang menerapkan protokol kesehataan saat masuk pertama sekolah tatap muka, belum lama ini. (msarih)

Karimun,Lendoot.com – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayah Kabupaten Karimun dijadwalkan akan segera dibuka pada akhir September mendatang.

Rencana tersebut diambil setelah kondisi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Karimun terus menunjukkan tren penurunan sejak awal September.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, di bukanya kembali sekolah- sekolah di Karimun juga masih menunggu proses pelaksanaan vaksinasi di sekolah- sekolah yang masih berjalan.

“Kami mengejar dulu masalah vaksin pertama dan kedua untuk pelajar ini. Apabila nanti rampung, akhir September atau awal Oktober akan segera kami buka sekolah- sekolah,” kata Rafiq usai menghadiri kegiatan di Gedung Nasional Karimun, Rabu (8/9/2021).

Ia mengatakan, saat ini vaksinasi untuk anak usia 12- 17 Tahun dan 18 Tahun keatas masih terus berjalan.

Menurutnya, untuk usia vaksin 12- 17 tahun berdasarkan data Dinas Pendidikan ada sebanyak sekitar 24 ribu jiwa dan usia 18 tahun ke atas sebanyak 128 ribu jiwa.

“Untuk persentase yang sudah divaksin itu, untuk usia 12-18 tahun ialah 74 persen atau sekitar 17 ribu pelajar dari 24 ribu secara keseluruhan. Sementara untuk usia 18 tahun ke atas itu sekitar 74,89 persen atau dari angka 128 ribu jiwa,” kata Rafiq.

Ia mengatakan, PTM akan di mulai secara serentak di seluruh sekolah wilayah Kabupaten Karimun. Sehingga, untuk sekolah di pulau- pulau akan lebih dulu menunggu sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Karimun.

“Ada lima kecamatan yang sebenarnya sudah bisa di buka. Tetapi, kita ingin mulai PTMnya secara serentak,” katanya.(rko)