Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 3. 057,27 gram barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan dengan air panas di Mapolres Karimun, Rabu (19/5/2021).

Pemusnahan barang bukti hasil penindakan Satuan Reserse dan Narkoba Polres Karimun pada periode April lalu itu sesuai dengan surat ketetapan status barang sitaan narkotika dari Kejaksaan Negeri Karimun pertanggal 30 April 2021.

Adapun barang bukti sabu yang dimusnahkan itu antara lain 3.057 gram sabu- sabu, sementara 74,89 gram untuk menjadi barang bukti di Pengadilan.

Sebelum pemusnahan, barang bukti kurang lebih 3 kilogram itu lebih dulu dilakukan uji coba keaslian menggunakan alat narkotest. Selanjutnya, barang bukti tersebut direndam di dalam air panas.

“Kita lakukan uji keaslian menggunakan alat narkotest. Kemudian kita musnakan di air panas,” kata Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Rabu (19/5/2021).

Adenan mengatakan, barang bukti 3 kilogram sabu- sabu ini merupakan hasil penindakan terhadap tersangka WK dan AL yang masing- masing barang bukti hampir 1 kilogram.

Sementara 1 kilogram lainnya merupakan penemuan nelayan Karimun di Perairan Karimun yang kemudian di laporkan kepada Satresnarkoba Polres Karimun.

“Untuk proses hukum terhadap tersangka sudah masuk tahap 21 atau pelimpahan kepada Kejaksaan Negeri Karimun,” katanya.

Terhadap kedua tersangka polisi kenakan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling lama 20 tahun penjara dengan pidana denda Rp1 miliar. (rko)