Karimun, Lendoot.com – Ribuan ekor ulat jenis gogo teror warga Kampung Bukit Galang, Kelurahan Meral Kota, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun sejak satu bulan terakhir.

Ulat berwarna hitam dan kuning dibagian pinggir itu memiliki ukuran sebesar kelingking orang dewasa. Ulat- ulat itu, kiqn muncul pada pagi hari dengan jumlah yang banyak.

Ulat-ulat itu berada di selokan- selokan dan perkarangan rumah warga. Bahkan, ulat-ulat itu sempat masuk ke dalam rumah.

Rudi Bachtiar, Warga setempat mengatakan, keberadaan ulat-ulat itu dikhawatirkan akan menganggu warga, apalagi saat masyarakat sedang beristirahat.

“Tentunya waspada juga kalau sampai banyak masuk dalam rumah. Dulu sempat masuk ke dalam rumah, tetapi tidak banyak,” kata Rudi, Jumqt (13/5/2022).

Kondisi tersebut semakin buruk sejak 3 hari terakhir, dimana volume jumlah semakin banyak dan membuat warga resah.

Rudi telah berusaha secara mandiri membersihkan, baik disemprot dengan cairah anti hama, hingga solar.

Akan tetapi, jumlah ulat tidak hilang atau kurang. Melainkan semakin banyak dan telah merebak ke sejumlah pekarangan rumah warga komplek.

“Dari sebulanan ini udah mulai muncul, tapi selalu dibersihkan. Namun, dalam tiga hari belakangan ini ulatnya semakin banyak,” katanya.

Penanganan permasalahan itu, Kondisi itu juga telah dilakukan oleh Dinas Pertanian dengan melakukan penyemprotan racun hama.

“Kemarin sudah disemprot sama pihak Dinas Pertanian, namun belum dapat habis semua. Pagi ini masih cukup banyak yang terlihat,” ujar Rudi.

Lurah Meral Kota Deni mengatakan, pihaknya masih memantau fenomena yang terjadi. Apabila masih terus bertambah, maka pihaknya akan melakukan penyemprotan kembali dengan koordinasi bersama Distan Karimun.

“Setelah dilaporkan, kita melakukan koordinasi dan penyemprotan terhadap ulat-ulat yang menyerang sampai lingkungan warga,” kata Lurah Meral Kota, Deni.

(rko)