Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (DOK)

Karimun, Lendoot.com РPelayaran Internasional  melalui Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun dipastikan dibuka per tanggal 19 Mei 2022 mendatang.

Dijadwalkan, pelepasan kapal perdana akan dilakukan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelayaran internasional perdana nantinya akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

“Sebenarnya tanggal 15 Mei 2022 sudah bisa dibuka, tetapi jadi tanggal 19 Mei 2022 karena akan dibuka serentak dan dilepas oleh bapak Gubernur Kepri,” kata Rafiq.

Rafiq mengatakan, rute internasional yang akan dibuka pada pelayaran perdanan nanti ialah rute Tanjungbalai Karimun- Kukup Pontian Malaysia dan Karimun – Putri Harbour Johor Malaysia.

“Dua operator kapal akan melayani kedua rute internasional tersebut,” kata Bupati.

Rafiq mengatakan, secara kesiapan, pihaknya memastikan bahwa Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun sudah sangat siap untuk kembali melayani Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

“Semua pihak terkait di pelabuhan internasional karimun sudah siap, begitu juga yang di malaysia,” ujarnya.

Diketahui, Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun telah memperoleh semua izin untuk kembali melayani PPLN.

Adapun bagi PPLN yang hendak ke Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun diwajibkan untuk mengisi formulir di aplikasi MySejahtera.

Kemudian, PPLN yang telah divaksin lengkap tidak perlu melakukan Antigen atau PCR dan PPLN yang baru divaksin dosis kedua wajib Antigen 1×24 jam atau RT-PCR 2 x 24 jam.

Sementara bagi PPLN yang hendak ke Indonesia wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR di negara/wilayah asal (2×24 jam) dan melampirkan kartu vaksin serta mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

(rko)