Salah satu peternakan di Karimun. (Foto dok Lendoot.com/ricky).

Karimun, Lendoot.com – Karimun memasok hewan kurban dari Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau untuk mencukupi kebutuhan sapi saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah mendatang.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto Jaya Putra mengatakan, saat ini ketersediaan sapi dan kambing untuk hari raya Idul Adha di Karimun baru tersedia 372 ekor sapi dan 314 ekor kambing.

“Data kita itu ada 372 ekor sapi dan 314 ekor kambing, jauh dari kata cukup untuk kebutuhan. Sehingga kami datangkan dari Natuna sebanyak 75 ekor, menambah ketersediaan,” kata Sukri, Rabu (6/7/2022).

Sukri mengatakan, saat ini pihaknya lebih memprioritaskan ketersediaan sapi. Hal itu, karena ketersediaan kambing untuk Karimun masih mencukupi.

“Pengiriman sapi dari Natuna dipastikan sehat. Selain Natuna masih zona hijau kasus PMK, sapi yang dikirim memiliki sertifikat sehat yang dikeluarkan oleh Stasiun Karantina Pertanian Natuna,” katanya.
Sukri penambahkan, sapi yang diperkirakan tiba pada Kamis mendatang akan dilakukan pemeriksaan kembali oleh Satgas PMK.

“Termasuk stasiun pertanian Karimun akan turun untuk melakukan pengecekan terhadap sapi, hingga H-2 pemotongan hewan kurban akan kami lakukan pengawasan,” ujarnya. (rko)