Karimun, Lendoot.com- Pemerintah Kabupaten Karimun serahkan bantuan berupa Sampan sebanyak 20 unit kepada dua kelompok nelayan di Kecamatan Durai.

Penyerahan bantuan Sampan itu langsung dilakukan Bupati Karimun Aunur Rafiq dan dipusatkan di Desa Tanjung Kilang Kecamatan Durai.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada nelayan. Selain itu, kata dia, juga merupakan upaya pemerintah untuk mendongkrak perekonomian dari sektor perikanan ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Bantuan sampan ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap nelayan, semoga bantuan ini dapat bermanfaat sehingga nantinya tentu dapat meningkatkan perekonomian teman-teman nelayan,” kata Rafiq.

Adapun dua kelompok yang menerima bantuan itu antara lain, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Pesisir dan KUB Nelayan Renjeng.

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Kepri, Raja Bakhtiar, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, Kepala Dinas Perikanan Karimun Ahmadi dan Anggota DPRD Karimun fraksk Golkar, Raja Rafiza.

Kabid Pengelolaan TPI dan PPI Dinas Perikanan Sapridin mengatakan, bantuan 20 unit sampan itu, bersumber dari dana APBD 2021.

“Pengadaan sampan ini berasal dari APBD 2021 yang mana masing-masing KUB mendapat 10 unit,” kata Ahmadi.

Ia menjelaskan bahwa, direalisasikannya bantuan sampan kepada nelayan tersebut mengingat Kecamatan Durai merupakan basis sektor perikanan di Kabupaten Karimun.

“Kecamatan Durai ini salah satu basis perikanan di Karimun yang mana masyarakatnya memang didominasi bekerja sebagai nelayan,” jelas Sapridin.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar nelayan yang menerima bantuan 20 unit sampan itu, dapat memanfaatkanya dengan baik dan tidak boleh diperjual belikan.

“Sesuai imbauan bapak Bupati nelayan yang menerima bantuan ini diharapkan dapat memanfaatkannya sesuai fungsinya, bantuan ini tidak boleh dijual belikan karena nantinya ada penyuluh dari kami yang akan melaporkan sejauh mana kegunaan bantuan tersebut,” ujar Sapridin.

Sementara itu, Idon salah seorang penerima bantuan sampan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Karimun atas terealisasinya bantuan tersebut.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut juga disejalankan dengan penyerahan bantuan 200 keping alat jaring anak ikan kepada 3 KUB dari aspirasi Anggota DPRD Karimun fraksi Golkar, Raja Rafiza.(rko)