Foto : Pelaksanaan UNBK beberapa tahun lalu di Karimun. (Dok Lendoot.com)

Karimun, Lendoot.com – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau berjalan dengan lancar.

ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Secara garis besar, ANBK merupakan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari satu pendidikan tingkat dasar hingga atas.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Hendri mengatakan, pelaksanaan ANBK di Karimun berlangsung pada 19-22 September 2022 digelar dengan lancar.

“Pelaksanaan ANBK telah kami monitoring, Alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada kendala apapun,” ujar Hendri.

Ia mengatakan, pelaksanaan ANBK dibagi menjadi dua sesi yakni, 19-20 September untuk tahap pertama dan 21-22 September tahap kedua.

Menurutnya pelaksanaan ANBK di Karimun dilakukan pengawasan langsung dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan BPMP Kepri.

“Di Karimun ada 53 SMP yang mengikuti ANBK, diantaranya ada 40 SMP Negeri dan 13 SMP Swasta,” ujarnya.

Bahkan Hendri menyebut, seluruh sekolah tingkat SMP wilayah Karimun maupun daerah hiterland sudah disiapkan termasuk adanya gladi sebelum kegiatan berlangsung.

“Alhamdulillah dari persiapan atau uji coba sudah kami lakukan dengan maksimal, dari faktor cuaca, jaringan internet serta listrik sangat mendukung pelaksanaan ANBK,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam menyukseskan pelaksaan ANBK, pihaknya telah bekerjasama dengan Telkom dan PLN sebagai penyedia jasa, agar pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar.

Hendri berharap pelaksanaan ANBK dapat berjalan lancar hingga menghasilkan nilai yang lebih baik.

“Kita sama-sama berdoa semoga pelaksanaan ANBK tahun ini menghasilkan nilai yang naik dan mutu pendidikan yang meningkat di bandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya. (rko)