Kemeriahaan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam di Kecamatan Batu Ampar. (ddh)

Batam, Lendoot.com – Pawai obor dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah tingkat Kecamatan Batuampar berlangsung meriah, Sabtu (30/7/2022) malam.

Sebanyak 13 orang personil Polsek Batuampar juga diturunkan untuk melakukan pengamanan kegiatan yang bertema ‘Dengan semangat Tahun Baru Hijriah kita tingkatkan Ukhuwah menjaga persatuan dan kesatuan sesama umat’ tersebut.

Kapolsek Batuampar, mengatakan, pawai obor ini Tak hanya diikuti orang dewasa, anak-anak juga tampak antusias menyambut Tahun Baru Islam.

“Kegiatan ini sebenarnya bagi masyarakat terutama anak-anak bahwa tradisi ini sebenarnya tradisi yang baik,” ujarnya.

Menurut Salahuddin, kegiatan pawai obor tersebut merupakan tradisi masyarakat setempat yang masih dipertahankan setiap tahunnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar warga.

Kegiatan diawali dengan pelepasan pawai obor, kemudian pembacan ayat suci Al -Quran, dan dilanjutkan kata sambutan panitia, serta kata sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan.

Selanjutnya, ceramah agama yang disampaikan Ustad H. Muhammad Dirham, dan diakhiri pembacaan doa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Batam yang diwakilkan  Kepala Dinas Pendidikan Hendri Arulan, Anggota DPRD Kota Batam Ibu Hj. Atik, Camat Batuampar Drs Tukijan.

Kemudian Kapolsek Batu Ampar diwakilkan Wakapolsek Batu Ampar AKP Syarifuddin SH, Kapus Tanjung Sengkuang drg Denny, KUA Kec Batuampar, Lurah Sekecamatan Batuampar, LPM, FKTW, Ibu-ibu BKMT, PMB, tokoh agama, tokoh masyarakat se Kecamatan Batuampar.

Pawai Obor tahun ini di ikuti 70 group peserta terdiri dari tiga kategori yaitu TPQ, pelajar atau umum dan Majelis taklim.

Camat Batuampar, Drs.Tukijan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang ikut mendorong terlaksananya pawai obor ini.

“Alhamdulillah telah disepakati akan digelar di lokasi ini, karena di tahun 2018 pawai pernah di laksanakan di sini, dihadiri 70 group setiap group ada 20 org,” ucapnya.

”Tahun depan akan kita persiapkan lebih matang lagi, karena tingginya antusias masyarakat untuk ikut serta dalam gebyar pawai obor ini,” tutupnya. (ddh).