Selain Pantai Mutiara Lubuk, di Tanjung Batu Kota terdapat satu pantai lagi yang cukup eksotis, Pantai Gading. Nama pantai ini disesuaikan nama daerah, Kelurahan Gading Sari.

Ke Pantai ini hanya sekitar 40 menit perjalanan mengendari sepeda motor dari Pantai Mutiara Lubuk.

Menariknya, memasuki pantai ini kita akan digusuhi pemandangan yang cukup indah. Pantainya berada di balik bukit yang di atas bukit terdapat hamparan pohon-pohon besar.

Jejeran pohon durian yang menjulang tinggi di atas bukit menjadi daya tarik tersendiri memasuki pantai ini.

Pantai Gading di Kelurahan Gading Sari. (ist)

Memasuki pantai Gading susah-susah mudah. Sebab sebelum memasuki ke area pantai atau sebelum bisa melihat pantai secara langsung, kita akan disuguhi bukit yang terjal. Kita akan mendaki bukit tersebut dan kemudian turun lagi dengan ketinggian sekitar 12 meter.

Jika Anda suka berpetualang, medan seperti itu rasanya begitu mengasyikan. Dari atas bukit yang berdiri pohon-pohon besar itu kita bisa menyaksikan langsung pasir pantai yang putih dari ketinggian.

Lebih mengasyikan lagi setelah kita turun dari atas bukit yang langsung disambut karpet pasir putih dengan jejeran pohon kelapa menjuntai tinggi ke angkasa. Karunia tuhan yang luar biasa. 

Sayangnya, setelah merasakan pasir putih pantai tersebut kita tidak mendapati air laut yang kita harapkan. Warna air yang keruh tidak akibat penambangan pasir timah di laut dekat pantai membuat keindahan pantai berkurang.

“Air keruh ini karena ada operasi kapal hisap PT Timah bang,” kata Gani seorang warga setempat sambil menunjuk kapal yang berada di seberang pantai.

Jika sedang musim durian, kekecewaan terhadap air laut yang keruh tampaknya terobati. Sebab, kita bisa langsung menikmati buah durian yang langsung didapat pengumpul dari atas bukit di dekat pantai itu.

“Wah kalau datangnya musim durian di sini banyak orang yang datang bang. Kami siapkan durian yang sudah masak dari pohon dan bisa langsung dimakan di sini,” kata seorang warga sekitar menceritakan ramainya pantai jika memasuki musim durian.

Durian Kundur merupakan salah satu buah yang cukup terkenal kelezatannya. Bahkan ada wisatawan yang sengaja datang dari jauh hanya untuk menikmati lezatnya buah durian Kundur ini.

Nah, jika kita datang ke Pulau Tanjung Batu ini pada musim buah durian (diperkirakan bulan Apri, Juli, Agustus atau akhir tahun), maka kita akan mendapati buah durian yang lezat itu, tentu dengan harga yang cukup murah.

Dan lebih asyiknya lagi jika kita datang ke pantai ini ketika musim durian tiba. Kita bisa membeli durian yang baru jatuh dari pohon dan menikmatinya diiringi deburan ombak di atas pasir putih di pantai Gading tersebut.

 Mengakhiri kunjunga ke Tanjun Batu, kita bisa mampir sebentar ke Pasar Tanjung Batu. Di sini terdapat makanan khas Tanjung Batu seperti kerupuk dan aneka panganan khas lainnya. (muhdsarih/habis)