Pemberian pengenalan reptik keapda anak Pramuka SMA Maha Bodhi Karimun. (Foto : ist)

Karimun, Lendoot.com – Komunitas Reptil Karimun (Korek) berikan pemahaman tentang penanganan ular kepada anggota Pramuka di SMA Swasta Mahabodhi Karimun.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk bekal bagi para anggota pramuka saat berada di hutan atau tempat-tempat yang rawan akan hewan reptil.

Vicky zen, selaku trainer dari tim korek menjelaskan, edukasi tentang ular sangat perlu di terapkan kepada seluruh anggota pramuka, dimana ular merupakan satwa liat yang habitatnya paling dekat dengan manusia.

“Ini sosialisasi atau pengenalan, evakuasi dan penanganan gigitan ular ini sangat penting di laksanakan pada adik-adik pramuka yang sering melakukan aktifitas di alam terbuka,” kata Vicky.

Ia mengatakan, pemberian pemahaman terkait hewan reptil ini juga untuk mengubah paradigma masyarakat terhadap hewan jenis ular.

“Memberikan pembekalan yang benar agar keseimbangan alam tetap terjaga, karena ular merupakan satwa liat yang habitatnya paling dekat dengan manusia,” katanya.
Sementara itu, Riki maulana, selaku pembantu pembina pramuka SMA Swasta Mahabodhi menjelaskan bahwa dengan adanya pelatihan dan sosialisasi yang di berikan oleh KOREK sangat membantu dan menunjang kegitan kepramukaan.

“Kami sampaikan terime kasih untuk komunitas reptil Karimun (KOREK) yang dapat berpartisipasi dalam perkemahan di SMA swasta MAHABODHI Karimun, karena ilmu tentang reptil sangat dibutuhkan oleh para penegak,” kata Riki.

(rko)