Karimun, Lendoot.com – Kabupaten Karimun mendapatkan bantuan dua unit bus bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia, Selasa (14/9/2021).

Dua unit bus bantuan itu akan diserahkan ke dua Desa wilayah Kabupaten Karimun antara lain Desa Rawajaya Kecamatan Moro dan Desa Lebuh Kecamatan Meral.

Sebelumnya, Kabupaten Karimun pada tahun 2018 lalu juga mendapatkan bantuan 8 unit bus dan dioperasionalkan di 8 Kecamatan wilayah Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, bantuan dua unit bus ini berasal Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik senilai lebih kurang Rp1 Miliar di Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun.

“Pengadaan ini sudah selesai dan sudah kita serahkan ke Desa. Selanjutnya, bus tersebut akan diarahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BumDes) masing-masing,” kata Bupati Rafiq.

Rafiq menjelaskan, bantuan bus ini diperuntukkan untuk membantu mobiliyas masyarakat desa, khususnya untuk pelajar di desa- desa.

“Kita harapkan dua unit bus ini dapat membantu anak-anak sekolah, khususnya saat turun hujan agar mereka tetap bisa pergi ke sekolah tepat waktu,” katanya.

Rafiq berharap, bantuan ini dapat terus diberikan setiap tahunnya, sehingga mobilitas di desa- desa wilayah Kabupaten Karimun dapat terbantu.

“Kita minta Dishub dapat memprogramkan nya lagi tahun depan, begitu juga seluruh OPD yang memiliki kegiatan untuk memajukan atau mempercepat pembangunan desa dan membantu masyarakat agar segera dapat dilaksanakan,” katanya.

Rafiq menyebutkan, dalam beberapa tahun belakangan, Pemerintah Kabupaten Karimun telah mendapatkan bantuan bus dari Kementerian Desa sebanyak 10 unit dan seluruhnya dioperasionalkan di desa- desa wilayah Kabupaten Karimun.

“Bus bantuan ini harapan kita dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintahan desa. Selain itu, Bus bantuan tersebut juga harus di jaga, sehingga tidak rusak dan dapat terus beroperasi membantu masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Camat Belat Aribowo Hadibroto mengaku bersyukur salah satu desanya menerima bantuan bus tersebut.

Menurutnya, bus tersebut akan dimanfaatkan untuk transportasi masyarakat desa, terkhusus bagi pelajar di desa.

“Tentunya, kami sangat bersyukur dan terma kasih atas bantuan tersebut, kita akan manfaatkan bus ini untuk transportasi masyarakat desa dan terutama untuk anak-anak sekolah,” katanya. (rko)