ilustrasi covid-19. (internet)

Karimun, Lendoot.com – Wilayah penyebaran Covid-19 terbanyak terjadi di Kecamatan Karimun. Daerah di lima kelurahan dan dua desa ini terbanyak ditemukan kasus, mencapai 62 kasus.

Ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-10 Kabupaten Karimun, Rachmadi, Senin (9/11/2020).

Kecamatan Meral merupakan daerah terbanyak kedua dengan jumlah 53 kasus. Rinciannya, 19 kasua aktif, 34 sembuh dan tidak ada pasien meninggal dunia.

Lalu Kecamatan Tebing dengan total 46 kasus. Rinciannya 28 kasus aktif, 17 sembuh dan 1 meninggal dunia.

Selanjutnya kecamatan Meral Barat dengan total 11 kasus. Rinciannya 2 kasus aktif, 11 sembuh dan 1 meninggal dunia.

Kemudian pasien asal luar Kabupatrn Karimun dengan total 7 kasus. Rinciannya 2  kasus aktif, 3 sembuh dan 2 meninggal dunia.

Sementara itu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun mengkonfirmasi sebanyak 21 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif, kini telah sembuh.

Puluhan pasien itu sembuh setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit rujukan Covid-19.

Selain pasien sembuh Covid-19, Gugus Tugas juga mengkonfirmasi 2 kasus pasien baru positif di Karimun. Kini, angka kasus positif secara kumulatif berjumlah 198 orang dengan rincian 118 sembuh, 69 pasien sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

“Ada 21 pasien sembuh dan dua pasien baru konfirmasi baru,” katanya.

Dari ratusan pasien itu, jumlah kasus bergejala 76 pasien dan jumlah pasien tanpa gejala sebanyak 122 kasus. Sementara berdasarkan klaster penyebaran, sebanyak 18 merupakan kasus perjalanan (import), 35 kasus terkonfirmasi kontak erat dan 45 kasus komfirmasi tidak ada riwayat perjalanan atau kontak.

“Saat inu jumlah kasus aktif masih tinggi, kita berharap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi aktifitas diluar rumah serta ke luar kota,” kata Rachmadi. (rko)