Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau PTM terbatas di SMPN 1 Tebing, siang tadi,

Karimun, Lendoot.com- Setelah lama berjuang menekan angka peredaran Covid-19 di Kabupaten Karimun, akhirnya angka Positif aktif nihil pertanggal 20 Desember 2021.

Angka Covid-19 di Kabupaten Karimun pada Agustus lalu mencapai angka tertinggi dengan 580 kasus aktif. Angka tersebut tertinggi sepanjang Covid-19 melanda Indonesia.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, zero kasus atau nol kasus Covid-19 itu menyusul sembuhnya satu pasien positif yang tersisa per tanggal 20 November 2021.

“Alhamdulillah, satu pasien positif sudah dinyatakan sembuh. Artinya, Kabupaten Karimun kembali mencatat nol kasus positif Covid-19 per 20 November 2021,” ujar Bupati Rafiq, Minggu (21/11/2021) kemarin.

Rafiq menjelaskan bahwa, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karimun selama satu bulan terakhir terus menunjukkan tren yang menurun.

Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras pemerintah daerah bersama TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat yang telah bergotong royong untuk menekan angka Covid-19 di Kabupaten Karimun.

“Tentunya, tren yang menurun hingga puncaknya berhasil mencatat nol kasus Covid-19 ini tidak terlepas dari peran semua pihak yang sejak awal pandemi sudah bekerja keras untuk menekan penyebaran virus tersebut,” jelas Bupati.

Rafiq berharap, penurunan ini tidak.membuat masyarakat lalai dalam pernerapan Covid-19. Hal itu tentunya, akan berdampak terhadap penekanan kasus Covid-19 di Karimun.

“Protokol kesehatan adalah kunci utama dalam menekan penyebaran Covid-19, salah satunya adalah gerakan 5 M. Yakni, selalu menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan, menjaga jarak dan membatasi mobilitas serta interaksi,” ujarnya. (rko)