Desa Wisata Ule Lheue Aceh. (foto kemenparekraf)

Desa Wisata Gampong Ulee Lheue adalah salah satu Desa Wisata dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia pilihan kementerian pariwisata ekonomi kreatif RI.

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Provinsi Aceh. Untuk menuju ke Desa Wisata Gampong Ulee Lheue, ditempuh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.

Perjalanan darat yang ditempuh ke desa wisata ini diperkirakan mencapai 30 menit.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Gampong Ulee Lheue memiliki daya tarik wisata, seperti;

Wisata alam (bahari)

Di Ulee Lheue terdapat Pantai Cermin yang berjarak kurang lebih 10 menit dari pusat Kota Banda Aceh. Pantai ini punya panorama alam yang indah yang dan menjadi destinasi favorit bagi masyarakat yang memiliki wahana wisata air bagi anak-anak dan juga dapat digunakan oleh orang dewasa.

Wisata Kuliner

Sambil berwisata alam, Di Ulee Lheue pengunjung juga bisa menikmati enaknya kopi Aceh dari coffee truck yang berjualan di sepanjang jalan Ulee Lheu. Selain itu, juga terdapat berbagai jajanan rakyat dan kuliner nikmat lainnya.

Wisata Religi dan Wisata Tsunami

Ulee Lheue juga menjadi salah satu gampong yang terdampak tsunami 2004 silam. Di desa ini terdapat saksi sejarah yang masih berdiri kokoh hingga sekarang yaitu mesjid Baiturrahim.

Mesjid ini berjarak sangat dekat dengan laut namun selamat dari hantaman gelombang tsunami. Di mesjid ini juga terdapat galery foto yang memajang foto keadaan mesjid yang dihantam tsunami. Hingga kini Mesjid Baiturrahim menjadi salah satu destinasi religi sekaligus destinasi tsunami.

Wahana Bermain Anak dan Atraksi Budaya

Ulee Lheu merupakan destinasi wisata ramah anak. Di desa wisata ini terdapat beberapa taman terbuka seperti, Taman Ulee Lheu Park, Taman Wisata Meuraxa, Taman Landmark “I love Banda Aceh” dan Arena motor trail & APV anak-anak. Selain sebagai taman terbuka untuk bermain anak, di taman-taman ini juga digelar acara pertunjukan seni yang menampilkan berbagai seni kebudayaan Aceh.

Wisata air naik Boat Wisata

Di Gampng Ulee Lheu kini terdapat 4 dermaga wisata dan 4 boat wisata yang akan menjadi dayatarik wisata baru yaitu wisata air di Gp. Ulee Lheue. Boa wisata ini bisa disewa masyarakat untuk berjalan-jalan keliling pantai Cermin Ulee Lheue.

Desa wisata Ulee Lheue mempunyai potensi wisata yang luar biasa sehingga perlu kita lestarikan serta kembangkan dan dimanfaatkan sewajarnya tanpa merubah sebuah esensi dari pada kawasan pedesaan. Ulee Lheue akan terus dikembangkan sehingga menjadi desa wisata favorit di Kota Banda Aceh. (*/msa)