Ikan tongkol yang dijajakan di Pasar Bintan Center Tanjung Pinang. (amr)

Tanjung Pinang, Lendoot.com – Meski daerah kepulauan, Kepulauan Riau termasuk sulit mendapatkan harga ikan segar dengan harga yang terjangkau.

Setidaknya, Minggu (31/7/2022), harga ikan di Pasar Bintan Center Kota Tanjung Pinang terbilang fantastis. Kenaikan harganya  hingga mencapai 70 persen dari hari sebelumnya.

Pertengahan pekan lalu ikan tongkol jenis putih hanya dijual Rp25 ribu per kilogram (Kg), hari ini sudah dipatok Rp35 ribu per Kg.

Sementara itu, ikan tongkol jenis merah yang sebelumnya dijual seharga Rp20 ribu per Kg kini dijual seharga Rp25 ribu per Kg.

“Kalau dibanding-bandingkan hari-hari sebelumnya, sekarang harganya lagi naik. Penyebabnya kami juga tahu ya,” kata Aheng, seorang pedagang ikan di Pasar Bintan Center Tanjungpinang.

Ikan selar yang biasanya hanya dijual Rp35 ribu per kilogram saat ini dijual dengan kisaran harga Rp45 ribu hingga Rp50 ribu perkilogram.

“Ikan selar dijual dengan harga Rp45 ribu perkilogram dengan harga tertinggi Rp50 ribu perkilogram. Yang kecil anaknya Rp25 ribu, benggol tak ada jual,” tuturnya.

Sementara itu untuk harga udang jenis tambak yang sebelumnya mengalami penurunan di harga Rp95 ribu per kilogram kini kembali ke harga awal Rp110 ribu per kilogram.

Untuk ikan tamban dijual dengan harga Rp13 ribu per kilogram. Sedangkan ikan lele dijual dengan harga normal Rp 26 ribu per kilogram.

Meskipun tidak alami kenaikan yang signifikan, kenaikan harga pada ikan cukup dikeluhkan oleh Vira salah satu pembeli.

“Kita biasanya beli ikan tongkol ama selar, naiknya harga nggak enak di kita, udahlah kemarin-kemarin cabai naik sekarang ikan pulak naik,” keluhnya.

Berbeda dengan ikan, harga komoditas lainnya terpantau berangsur kembali ke harga normal. (amr)