Presiden Soekarno semasa hidup saat berpidato dalam sebuah acara. (wikipedia.org)

Hari ini, tanggal 21 Juni bisa disebut sebagai tanggal istimewa dan bersejarah bagi bangsa Indonesia secara umum.

Pada tanggal 21 Juni ini, tercatat sebagai hari wafatnya Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Dan pada tanggal 21 Juni ini juga, tercatat dalam sejarah Indonesia yang merupakan hari lahirnya Presiden Republik Indonesia Ir Jokowi.

Bagi kedua keluarga sosok anak bangsa ini, tanggal 21 Juni ini merupakan hari yang sangat bersejarah.

Dikutip dari wikipedia.org, Soekarno merupakan presiden yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945.

Sejak saat itu, Soekarno memimpin Indonesia selama 22 tahun sebelum akhirnya posisinya digantikan oleh Soeharto pada 12 Maret 1967.

 Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. Soekarno dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Kesehatan Soekarno sudah mulai menurun sejak bulan Agustus 1965 karena penyakit ginjal. Soekarno ketika itu disebut tidak mau menjalani operasi.

Bung Karno lahir di rumah kampung padat penduduk, yakni Pandean IV, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Presiden RI yang saat ini menjabat Joko Widodo atau Jokowi tercatat lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta Jawa Tengah.

Presiden Indonesia ke-7 itu lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Presiden Jokowi adalah anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Presiden Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, tanggal 24 Desember 1986. Dari Iriana ia memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (yang kini jadi Wali Kota Solo), Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. (*)