Camat Moro Khaidir SSos (berdiri ketiga dari kanan) saat meninjau pelajaran tatap muka perdana saat pandeni Covid-19

ADVETORIAL

Sedikit demi sedikit pembangunan di Kecamatan Moro sudah mulai dapat dinikmati langsung masyarakatnya. Salah satunya pembangunan wisata pantai di Kampung Benteng Kelurahan Moro Barat dan tower internet dari Kominfo.

 “Alhamdulillah, usulan kita ke pemerintah pusat yang didukung Pemkab Karimun, akhirnya keluar. Usulan kita berupa tower Internet untuk desa dari Kominfo, sudah bisa dimanfaatkan warga kami tahun,” ujar Camat Moro, Khaidir S.Sos, beberapa hari lalu.

Tower Internet untuk desa dari Kominfo ini, jelasnya, menjadi kebutuhan warganya di era kekinian. Khususnya warga yang berada di Desa Buluh Patah Kecamatan Moro yang jauh dari perangkat sinyal hanphone.

“Awalnya kita usulkan karena kita sangat prihatin, karena di zaman seperti ini masih ada warga kita yang kalau mau melihat atau mau mengirim pesan WhatsApp misalnya, mereka harus ke pelabuhan dulu atau di tempat-tempat tertentu. Makanya akses internet ini kita usulkan karena alasan sudah menjadi kebutuhan,” terang Khaidir.

Tower bantuan dari Kominfo itu nantinya, tambah Khadir, akan sangat bermanfaat karena dapat membantu melancarkan komunikasi, meningkatkan mutu pendidikan era kekimian.

“Dan akses internet ini juga sangat membantu memperlancar kerja para apara di desa Buluh Patah, juga termasuk tentunya mempelancar sendi ekonomi masyarakat di sana di era digital saat ini,” harapnya.

Pembangunan akses internet itu, katanya, juga bukan atas keinginannya sendiri melainkan atas gagasan dan kerjasama beberapa tokoh masyarakat, dan segenap tenaga kependidikan yang ada di Kecamatan Moro.

Khaidir dikenal sebagai camat yang suka blusukan, turun dari desa ke desa, kampung ke kampung di wilayah kerja kecamatannya. Saat blusukan itulah, dirinya mendapati aspirasi berupa kesulitan warga terkait akses informasi dan internet.

Akhirnya bersama masyarakat setempat sepakat mengusulkan pembangunan akses internet yang sudah terwujud akhir tahun 2021 ini.

 “Tujuan saya ke pulau-pulau, dari desa ke desa, tidak lain dan tidak bukan selain silahturahmi sama sesepuh di sini, juga ingin melihat potensi apa yang bisa dikembangkan. Dan apa-apa yang dibutuhkan masyarakat di Kecamatan Moro ini bisa kami dapatkan, termasuk aspirasi kebutuhan akses internet ini,” terangnya.

Dia mengatakan jika dirinya tidak blusukan atau turun langsung ke lapangan, tentu tidak dapat melihat kebutuhan dan keinginan masyarakat. “Bagaimana kita mau mengusulkan pembangunan, kalau kita tidak tahu apa-apa yang dibutuhkan masyarakat. Inilah manfaat blusukan ini,” ujarnya  sambil tersenyum.

Ia juga mengatakan Kecamatan Moro memiliki beberapa potensi yang sangat menjanjikan. Misalnya saja, kekayaan alam dan lautnya, serta objek wisata alam karena pantainya yang indah dan permai. 

“Kecamatan Moro masih sangat besar potensinya untuk dikembangkan, salah satunya objek wisata pantai. Minat turis ke Kecamatan Moro pasti akan tinggi jika dapat dikemas lebih baik lagi beberapa objek wisatanya, wisata pantai khususnya,” tutup Khaidir. ****