ASN di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta, menjalankan kewajibannya menjadi penjaga tahanan saat Idulfitri 1443H, Senin (2/5/2022) (menpan).

Sebelum statusnya menjadi ASN, Yudi selalu kembali ke kampung halaman satu minggu sebelum Idulfitri. Rutinitas tersebut menjadi berbeda ketika dirinya diterima menjadi abdi negara pada 2 tahun lalu.

Kebiasaan mudik ke kampung halaman di Malang harus dia tahan untuk mengemban tugas yang lebih penting yakni menjaga warga binaan.

Namun ia tetap bersyukur bisa merasakan Idulfitri sembari bertugas bagi negara. Salah satu yang ia syukuri adalah jalan Jakarta menuju tempatnya bekerja yang biasanya padat, menjadi lengang saat lebaran.

Pengabdiannya kepada negara harus dijalankan meski dirinya merasakan sedih tidak dapat berkumpul dengan keluarga besarnya.

Meski demikian dia berpegang teguh bahwa saat menjadi ASN, dirinya harus profesional menjalankan tugas kapan pun dan di mana pun dia ditempatkan.

Memberikan pelayanan yang optimal merupakan kewajiban yang harus terus dilakukan hingga masa purna tugasnya.

Untuk itu, bagi masyarakat umum yang tidak memiliki ikatan kerja seperti ASN di atas, patut bersyukur, karena masih dapat berkumpul bersama keluarga di hari yang istimewa. Hari Raya Idul Fitri. (*/msa)