Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan panen perdana Cabai dari Program Budibaya Komoditas dengan Sistem Produksi Lipat Ganda (Proliga) hasil inisiasi Pemerintah Provinsi Kepri dan Bank Indonesia.

Panen perdana itu dilakukan Bupati Karimun Aunur Rafiq dan juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Kepri Musn Hardi K. Atmaja.

“Alhamdulillah, hari ini telah dilakukan panen bersama komoditas cabai merah dengan teknologi Proliga oleh kelompok tani Tunas Bertuah di Desa Sawang Laut,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu (15/1/2022).

Orang nomor satu di Karimun itu menyebutkan, penerapan Teknologi Proliga ini dapat meningkatkan kualitas jauh lebih baik dan dengan jumlah yang banyak.

“Hasilnya memuaskan. Harganya juga dapat lebih murah, dimana jika di tempat diambil seharga Rp33 ribu perkilonya, dan sampai dipasar hanya sekitar Rp 40-45 ribu,” katanya.

Rafiq mengatakan, penerapan teknologi Proliga itu sendiri mendapat sambutan yang baik dari kelompok tani di Kabupaten Karimun. Harapannya, mrlalui penerapan teknologi proliga akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani.

“Saya berpesan kelompok tani dapat benar-benar memanfaatkan bantuan ini untuk peningkatan produktivitasnya dan hasil penjualan untuk pengembangan pertaniannya,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor BI Perwakilan Kepri Musni Hardi K. Atmaja mengatakan, Proliga merupakan sistem budidaya komoditas pertanian dengan rangkaian teknologi yang mampu meningkatkan hasil panen hingga dua kali lipat dari biasanya.

Dimana, penerapan tersebut sebagai upaya pihaknya untuk mengendalikan inflasi komoditas pertanian di Kepri.

“Cabai merah salah satu komoditas penyumbang inflasi, karena itu kita berupaya mendorong pengembangan budidaya cabe ini agar produksinya meningkat dan kita harapkan dapat membantu pengendalian inflasi di Kepri,” kata Musni.

Musni mengatakan, pihaknya juga terus mendorong teknik budidaya Proliga itu kepada kelompok tani di Karimun dengan menggelar Sekolah Lapang Pertanian.

“Untuk itu hari ini kita gelar sekolah lapang pertanian kepada puluhan petani di Karimun agar teknik budidaya Proliga yang baik ini dapat direplikasi di lahan lainnya agar hasil tani nya lebih bagus lagi,” katanya.(rko)