Aktivitas penerbangan di Bandara Raja Haji Abdullah. (dok Lendoot.com)

Karimun, Lendoot.com – Calon penumpang maskapai  Susi Air kini sudàh dapat melakukan Tes Genose Covid-19 di Bandara RHA (Raja Haji Abdullah), Sei Bati Kabupaten Karimun.

Alat tes genose tersebut merupakan hasil kerjasama Bandara RHA Karimun bersama Kimia Farma. Untuk sekali uji Genose, masyarakat hanya perlu membayar dengan harga Rp40 ribu.

Kepala Bandara RHA Karimun Fanani Zuhri mengatakan, pelayanan tes genose mulai digunakan sejak Senin (17/5/2021). Calon penumpang dapat melakukan pendaftaran sebelum melakukan keberangkatan.

“Sudah sejak Senin kemarin, harganya Rp40 ribu,” kata Fanani, Rabu (19/5/2021).

Fanani mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kimia Farma Tanjung Balai Karimun dalam memberikan layanan tes deteksi Covid-19 dengan metode hembusan nafas tersebut.

“Alat dari Kimia Farma, kita hanya menyediakan tempat,” katanya.

Secara teknis kata dia, setiap calon penumpang yang ingin melakukan tes dengan GeNose C19 itu, diimbau untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

“Selain itu, calon penumpang diminta untuk memperhatikan prosedur yang ada seperti tidak makan, merokok, minum (kecuali air putih) minimal 30 menit sebelum pelaksanaan tes,” kata Fanani.

Layanan Tes Genose itu disambut oleh calon penumpang di Bandara RHA Karimun. Menurut mereka, kini untuk keberangkatan mereka hanya perlu membayar Rp40 ribu untuk surat kesehatan.

“Sebelumnya kita harus minimal Antigen, biayanya saja Rp250 ribu. Dengan genose ini, lebih murah dan praktis, anak kecil juga bisa tes,” kata Andri seorang penumpang maskapai Susi Air. (rko)