Tanjungpinang, Lendoot.com – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad meminta Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib (RSUD RAT) Provinsi Kepri memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Hal tersebut disampaikan Ansar saat menyambangi RSUD RAT, Tanjungpinang, untuk bertemu jajaran manajemen rumah sakit membahas peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Rabu (9/11/2022) kemarin.

“Meski pun harus diakui kekurangan sumber daya, namun kita tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sesuai dengan moto RSUD RAT yakni (Melayani dengan Akhlak Mulia),” ujarnya.

Ansar juga meminta manajemen RSUD RAT untuk dapat membuka telinga selebar-lebarnya terkait keluhan, aduan dan laporan dari masyarakat khususnya mengenai pelayanan yang diberikan dan termasuk laporan masyarakat mengenai panjangnya antrian pendaftaran pasien BPJS Kesehatan.

“Terkait laporan masyarakat mengenai antrian panjang dipendaftaran, mari kita cari solusinya. Bagaimana hal itu tidak sampai terjadi lagi. Kasihan masyarakat, terutama pasien, sudah sakit, mau berobat, panjang pula antriannya,” katanya.

Adapun beberapa solusi yang didapat dalam diskusi tersebut terkait permasalahan antrian panjang yaitu, menambah jumlah petugas dan loket pendaftaran di jam-jam ramai.

Pemberlakuan screening secara online bagi pasien kontrol, pemberlakuan pendaftaran manual bagi pasien yang tidak bisa diinput fingerprint nya.

Kemudian pasien BPJS Kesehatan yang mengambil obat, dapat langsung diarahkan ke farmasi tanpa perlu fingerprint.

“Segera terapkan solusi-solusi tersebut, jangan sampai masalah ini berlarut, beberapa hari lagi saya akan kembali, kita lihat perkembangannya,” kata Ansar. (*)