Alun-alun Surabaya. (tangkapan layar foto raffy FC)

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya melakukan inovasi dengan kreativitas dengan mengadakan destinasi wisata untuk memanjakan masyarakatnya.

Adapun kreativitas yang dilahirkan Pemerintah Kota Surabaya dengan membangun destinasi wisata di tengah-tengah kota.

Dengan memberdayakan lahan yang ada, Pemerintah Kota Surabaya membangun alun-alun Surabaya dengan destinasi wisata yang unik.

Alun-Alun Kota Surabaya yang terletak di pusat kota dan lokasinya tidak jauh dari balai kota dan gedung DPRD Kota Surabaya.

Di sekitar komplek alun-alun terdapat bangunan cagar budaya sebagai tempat seni yang diresmikan pada 2020 dan dikelola Pemerintah Kota Surabaya.

Alun-alun biasanya berada di tengah kota yang terdapat lapangan, namun uniknya, di kota Surabaya ini alun-alun berada di bawah jalan raya pusat kota.

Mempunyai luas tiga ribu meter persegi dan berada di ruang bawah tanah.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati pameran lukisan serta foto sejarah Kota Surabaya. Di dalamnya ada arena skatepark.

Untuk masuk ke alun-alun Surabaya ini, pengunjung harus masuk melalui escalator yang ada di area alun-alun atau di kawasan Balai Pemuda.

Saat memasuki area basement, pemandangan berbeda, karena desain pilar serta lorong yang artistic memberikan kesan mewah pada ruangan bawah tanah ini.

Pada ruangan bawah tanah ini, Pemkot Surabaya menyuguhkan pameran karya seni yakni lukisan dan foto serta desain yang artistik serta glamour.

Dengan artistik itu, sehingga menjadi tempat swafoto instagramable untuk para pengunjung.

 Selain itu, di alun-alun Surabaya ini juga membuka stand bagi UMKM untuk dapat berjualan di area alun-alun bawah tanah ini.

Tanaman yang tertata rapi di sekitar alun-alun juga tidak kalah indah pemandangannya.

Nantinya, basement alun-alun Surabaya akan dipergunakan untuk para seniman dalam melakukan pertunjukan karya seninya yang bisa dinikmati dengan gratis. (**/msa)