Pemkab Karimun akhirnya meresmikan Tugu Adipura yang dibangun PT Timah Tbk sejak Juli 2019 lalu. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita di Costal Area Karimun, Senin, 13 September 2021.

Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan Tugu Adipura Kirana di kawasan Coastal Area, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (14/9/2021).

Tugu Coastal Area itu dibangun bersamaan dengan Tugu Timah dengan ditandai penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Direktur Keuangan PT Timah Tbk Soni Wibisono.

Berdirinya tugu tersebut diketahui sebagai bentuk keberhasilan Kabupaten Karimun meraih Piala Adipura selama tiga tahun berturut-turut.

Tugu tersebut melambangkan bentuk piala adipura berwarna emas yang berada paling atas. Sementara, warna tugu yang didominasi biru dan putih serta adanya kapal keruk dan gelombang laut melambangkan sejarah hebat beroperasinya PT Timah Tbk di Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, tugu tersebut telah selesai di bangunnpada tahun 2020 lalu dengan anggaran nilai anggaran kurang lebih mencapai Rp2 Miliar dari dana CSR PT Timah Tbk.

“Karena sudah diserahkan ke kita maka akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah seperti pemeliharaannya, rencana terdekat kita akan membangun taman disekitar tugu ini, karena memang sudah dikonsepkan,” kata Rafiq usai meresmikan tugu tersebut.

Rafiq mengatakan, Tugu tersebut akan menjadi ikon baru Kabupaten Karimun karena terletak tidak jauh dari Mega Proyek Kota Emas (Gold Coast) yang saat ini sedang tahap pembangunan.

“Kita bangun disini karena kawasan ini akan berkembang menjadi kota baru atau kota modern beberapa tahun ke depan dan Tugu Adipura ini lah yang melambangkan bahwa kotanya bersih, kalau tempat nya kotor maka tidak sejalan dengan Piala Adipura yang sudah diraih,” jelasnya.

Direktur Keuangan PT Timah Tbk Soni Wibisono mengatakan, pembangunan tugu Adipura dan Tugu Timah tersebut merupakan bentuk sinergitas antara PT Timah Tbk dan Masyarakat Kabupaten Karimun.

Dimana, kehadiran PT Timah kedepannya akan terus memberikan dorongan untuk pertumbuhan ekonomi dj Kabupaten Karimun sebagai salah satu wilayah operasionalnya.

“Dari sisi operasional diketahui bahwa beroperasinya PT Timah Tbk selama ini sudah memberikan multi player effect terhadap ekonomi masyarakat karena kami memiliki kewajiban seperti dalam dana CSR untuk membangun baik di bidang pendidikan maupun peningkatan kualitas kehidupan,” kata Soni.

“Semoga sinergitas PT Timah Tbk baik bersama pemerintah daerah maupun masyarakat Karimun semakin baik, terima kasih masyarakat Karimun,” tambahnya. (rko)