Kadisdik Kepri Muhd Dali.

Batam, Lendoot.com – Modus penipuan yang mengatasnamakan Dinas Pendidikan se -Indonesia, kembali marak terjadi. Hal ini berkaitan dengan pemanggilan peserta uji kompetensi guru (UKG) dan pernak perniknya.

Modus tersebut diawali dari seseorang yang mengaku dari Dinas Pendidikan Provinsi akan menghubungi para penelitian tindakan kelas (PTK) dan menawarkan atau memberikan info-info Uji kompetensi guru (UKG) dan lain lain.

”Selanjutnya untuk mengecek kebenaran, tidak tanggung-tanggung  PTK dapat menghubungi langsung kepada Dinas Pendidikan. Seharusnya urusan semacam ini tentunya harus resmi,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali kepada Kepri Media Group (KMG) Senin (27/5/2019) melalui pesan Whatsaap.

M Dali mengatakan pihaknya langsung mengcounter agar segera disampaikan kepada PTK di satuan pendidikan khususnya SMA/SMK agar jangan langsung percaya.

” Jelas hal semacam ini bukan sekedar disampaikan lewat telpon, harus ada surat resmi dari pusat atau dari Dinas Pendidikan, dan surat tentunya akan melewati pihak sekolah secara resmi dan tidak langsung ke PTK,”kata Kadisdik.

Untuk itu jika ada PTK yang menerima pesan serupa yang mengatas namakan Dinas Pendidikan, khususnya Disdik Kepri agar segera konfirmasi dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Jangan selalu percaya terlebih dahulu,” terangnya.

Dalam hal ini bidang ketenagaan Disdik atau kontak Dinas Pendidikan di Website ini, silahkan kontak langsung jika ada laporan demikian. (KMG/taufikch)