Para relawan di sela kesibukan melakukan tugas kepeduliannya di Dumlap di batu Lipai, sore tadi. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Bentuk perhatian pemerintah terhadap korban bencana Puting Beliung di dua kecamatan (Meral dan Tebing), Pemerintah Kecamatan Meral bersama sejumlah elemen masyarakat langsung melakukan assesment.

Ada lima tim assesment dibentuk untuk dapat memberikan informasi akurat terkait jumlah, kondisi serta situasi terkait para  korban. Assesment artinya, proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu.

“Kita sudah membentuk lima tim. Tugasmya untuk menilai lebih akurat dan lebih detail terkait kerusakan yang ringan, sedang dan berat. Jadi saat menyalurkan bantuan bisa lebih tepat,” kata Herissa Anugerah, Camat Meral kepada Lendoot.com di likasi dapur umum lapangan (Dumlap) di Batu Lipai, sore tadi.

Tim yang dibentuk terdiri dari pihak kelurahan, TNI-Polri, Tagana, pegawai Dinas Pekerjaan Umum, dan Pekerja Sosial Masyarakat. Khususnya di Baran Barat  dan Baran Timur,” jelas camat yang kerap disapa Icha itu.

Setelah mendapat data yang mendetail, katanya, akan lebih mudah saat tim selanjutnya melakukan langkah-langkah selanjutnya, seperti langkah perbaikan.

“Hasilnya nanti kita berkordinasi dengan dinas terkait. Cepat didata, maka akan cepat dapat diperbaiki,” pungkasnya.

Sementara itu, bantuan untuk para korban masih sangat dibutuhkan. Dengan didirikannya Dumlap, Icha berharap masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya bisa melalui Dumlap ini. “Satu pintu lewat Tagana di Dumlap ini. Jadi bisa terintegrasi,” pungkas Icha.

Lokasi Dumlap ini berada di Bukit Atas Batu Lipai Baran Atas Kecamatan Meral. Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan bisa menghubungi Ketua Tagana Karimun, Deddy Risdianto, 0852-6499-7733.(msa)