Tiga anggota DPRD Kepri Dapil Kabupaten Karimun saat menyapa masyarakat di tengah-tengah reses di Restoran Pantai Impian, Senin (21/12/2020). (msarih)

Karimun, Lendoot.com –  Tiga dari enam anggota DPRD Proivinsi Kepri menggelar reses di Daerah Pemilihan (Dapil)-nya, Kabupaten Karimun, Senin (21/12/2020). Ketiga anggota dewan tersebut di antaranya; Raja Bakhtiar (Partai Golkar), Rocky M Bawole (PKB) dan H Zainuddin Ahmad (Partai Gerindra).

Kegiatan menyerap aspirasi masyarakat Kabupaten Karimun dihelat sederhana dan dalam bingkai silaturahim. Kepada tiga anggota DPRD Kepri itu, warga menyampaikan aspirasinya yang rata-rata berupa perbaikan dan peningkatan infrastruktur, pengembangan ekonomi rakyat, pertanian dan kelautan.

Raja Bakhtiar sebagai kordinator reses tersebut menjelaskan aspirasi masyarakat, di antaranya; solusi permasalahan banjir di beberapa titik pemukiman warga. Pun Zainuddin Ahmad mendapatkan aspirasi serupa, berupa solusi atas permasalahan banjir di beberapa titik pemukiman warga.

“Aspirasi yang disampaikan warga kita tadi, kita bertiga sudah mendengarkannya. Di antara solusi permasalahan banjir, seperti di Teluk Air dan beberapa titik lainnya. Di bidang pertanian dan juga pengembangan ekonomi masyarakat juga diaspirasikan,” ujar Raja Bakhtiar.

Lebih lanjut Raja Bakhtiar mengatakan, sebenarnya reses itu berlangsung personal untuk masing-masing anggota dewan dimaksud. “Ada tiga berhalangan ikut serta, tapi kita laksanakan reses ini bersama agar kita kompak dan aspirasi masyarakat dapat lebih kuat kita perjuangkan bersama di DPRD Kepri nanti,” jelasnya.

Dalam reses tersebut, anggota DPRD Kepri juga menyertakan Dinas PU Provinsi Kepri, khususnya yang membidangi sumber daya air.

Zainuddin Ahmad juga turut menyampaikan, penyebab permasalahan banjir di beberapa pemukiman warga di Karimun ini bukan hanya di beberapa titik saja, melainkan juga di beberapa titik di Kecamatan Karimun.

“Untuk itu, dengan reses bersama ini kita bisa bersama-sama turun, termasuk dengan Dinas PU Provinsi Kepri. Jadi dengan begitu kita bisa kuat dan untuk mengusulkan aspirasi ini di lembaga DPRD Kepri,” ujar Zainuddin Ahmad.

Selain banjir, permasalahan perkebunan warga di beberapa pulau juga menjadi salah satu aspirasi yang didapat dari reses tersebut. Solusi berupa pembangunan tanggul untuk melindungi perkebunan warga di bibir pantai, kata Zainuddin Ahmad, dapat direalisasikan ke depannya.

Selain ikut menyoal solusi banjir, Rocky Marciano Bawole juga turut menyampaikan aspirasi yang sesuai bidang komisinya. Dia mendapatkan aspirasi terkait pengembangan ekonomi masyarakat, peningkatan sektor pertanian dan kelautan.

“Pengembangan ekonomi masyarakat tidak melulu dari sektor industri. Pertanian dan perikanan juga perlu mendapat porsi dan perhatian. Untuk itu, tadi ada aspirasi bidang pertanian yang akan kita perjuangkan di DPRD Kepri nanti,” jelasnya.

Sebenarnya, Wakil Rakyat Kabupaten Karimun di lembanga DPRD Kepri ada enam orang. Selain tiga orang tersebut, ada nama Eri Suwandi (PDI-Perjuangan), Bakti Lubis (Partai Hanura) dan satu lagi Iskandarsyah yang akan segera PAW (pergantian antar waktu) kepada HM Taufiq.

“Karena ada kepentingan lain, dan ada juga yang reses di tempat berbeda, maka tiga lainnya belum bisa bergabung di reses kali ini. Nanti kita harapkan bisa sama-sama lagi resesnya kita buat,” jelas Raja Bakhtiar. (msa)