Kerimun, Lendoot.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq menggelar video conference dengan para camat se-Kabupaten Karimun dari Gedung Nasional, Minggu (11/4/2020).

Pada video nonference ini, Rafiq menyampaikan data-data darii Dinas Kesehatan atau dari Gugus Tugas percepatan penanganan Covid 19. Data tersebut kemudian dikroscek kembali ke data-data yang dimiliki oleh para camat. Ini untuk velidasi data keduanya.

Seperti jumlah TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal Malaysia yang berada di daerahnya masing-masing. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Selain itu Bupati Karimun beserta Sekretaris Daerah juga memberikan arahan kepada para camat untuk mempedomi arahan dan aturan dalam melaksanakan aktivitas atau kegiatan para camat di wilayahnya masing-masing.

Bupati Karimun mempersilahkan kepada para Clcamat untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini. Bupati egitu juga menyampaikan seandainya ada permasalahan-permasalahan atau kendala-kendala yang dihadapi sewaktu menjalankan kegiatan pencegahan Covid 19 di wilayahnya masing-masing untuk mengungkapkannya.

Sebagai contoh, yang di sampaikan oleh Camat Moro, ada beberapa kendala yang dihadapinya antara lain, sulitnya memantau TKI yang pulang dari Malaysia yang langsung menuju ke daerah asalnya yang dipulau-pulau.

Permaslahannya adalah kurangnya ketersediaan jaringan telekomunikasi di sebagian pulau-pulau di Wilayah Kecamatan Moro.

Begitu Juga Camat Belat, meminta agar supaya pihak kabupaten bisa mengeluarkan aturan Hukum untuk menguatkan para camat untuk menutup pelabuhan-pelabuhan tikus untuk sementara waktu.

Alasannya, banyak pelabuhan tidak resmi itu yang masih beroperasi dan sangat sulit untuk dilakukan pemantauan seandainya TKI yang pulang melalui pelabuhan tersebut.

Usai Vidcon, acara dilanjutkan ke acara penyerahan Masker bantuan dari ASN Seketariat Daerah Kantor Bupati Karimun.

Ikut mendampingi Bupati Karimun, Sekretaris Daerah Muhd. Firmansyah, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kaban Kesbangpol, Kadis PerindagKop dan UKM, Kadis Sosial dan Kasat Pol PP. (*/msa)