13/12/2019)Karimun, Lendoot.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, ketersediaan bahan pokok di wilayah Karimun dipastikan aman. Hal tersebut setelah Satgas Pangan melakukan operasi pasar menjelang perayaan hari besar agama tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli mengatakan, hasil dari operasi pasar dilakukan oleh Satgas Pangan, dipastikan untuk ketersediaan dan harga bahan pokok aman.

“Kita bersama tim Satgas Pangan sudah turun ke pasar untuk mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok. Hasilnya semua aman terkendali, hanya sedikit alami kenaikan untuk telur ayam, namun tidak terlalu tinggi,” kata Yosli, Senin (16/12/2019).

Ia mengatakan, kenaikan harga telur masih dalam kategori aman, dikarenakan kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan, yakni dari Rp1.500 perbutir naik menjadi Rp 1.700.

“Untuk sekarang harga perpapan itu Rp 46 ribu, tidak terlalu tinggi dan masih normal,” katanya.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan ketersediaan bahan pokok habis dan terjadinya lonjakan kenaikan harga. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan bersama Tim Satgas Pangan untuk memastikan semua terkendali.

“Kita terus turun melakukan pemantauan untuk memastikan semua berjalan aman,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Karimun, Saat ini harga harga komoditi cabai merah saat ini Rp 44 ribu perkilogram, Cabai Hijau Rp 33 ribu perkilogram, Cabai Rawit Rp 35 ribu perkilogram, Cabai Merah Kering Rp 48 ribu, Bawang merah Rp 35 ribu perkilogram, dan Bawang Butih Rp 32 ribu perkilogram.

Sementara untuk Komoditi Daging Sapi Beku Rp 80 ribu perkilogram, Daging Sapi Segar Rp 170 ribu perkilogram, Daging Ayam Ras Rp 31 ribu, dan Daging ayam kampung Rp 60 ribu.

“Untuk beras dan gula masih didalam HET,” kata Yosli. (ricky robiansyah)