Sempat Hilang di Natuna, Kedatangan ABK KM Bahagia Iman Disambut Isak Tangis Keluarga

Karimun, Lendoot.com – Perjalanan panjang harus dilalui Raden Bambang Firman Alamsyah (18)ABK kapal KM Bahagia Natuna untuk kembali ke Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Sempat hilang akibat terjatuh ke laut Perairan Natuna 7 Januari 2023 lalu, Iman panggilan akrabnya berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di Perairan Vietnam oleh nelayan sekitar.

Penemuan Iman yang terapung hampir 6 hari di laut, kemudian dilaporkan ke Coast Guard Vietnam untuk selanjutnya dilimpahkan ke KBRI guna proses pemulangan ke Indonesia.

Isak tangis keluarga menyambut kepulangan Iman. Ia bahkan sempat sujud syukur saat pertama kali kembali menapakkan kaki di Karimun.

Iman tiba di pelabuhan Domestik Karimun dengan menggunakan kapal MV Oceana 19 dan dikawal ketat aparat TNI AL, Sabtu (21/1/2023) pukul 18.35 Wib.

“Alhamdulillah adik kita Iman sudah kembali dalam keadaan selamat. Proses evakuasi memang cukup lama. Kita jemput di bandara tadi saat baru tiba dari Jakarta,” ujar Pasi Ops Lanal Karimun, Kapten Laut (P) Endy Kurniawan.

Ia mengatakan proses kepulangan Iman sebelumnya melalui koordinasi antara pihak terkait. Untuk selanjutnya Iman akan diserahkan kepada pihak keluarga.

“Iman akan kita antar sampai ke rumah orang tuannya. Kita pastikan dia sehat dan selamat sampai ke rumahnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Iman yang bekerja sebagai juru masak di kapal KM Bahagia Natuna  hanyut hingga ke perairan Vietnam pada 7 Januari 2023 lalu.

Ia kemudian ditemukan selamat oleh nelayan Vietnam pada 13 Januari 2023 dalam kondisi lemas karena selama kurang lebih 6 hari mengapung di lautan.

Jarak ditemukannya Iman dari lokasi semula berkisar 435,4 mil atau 700 kilometer. (rko)