Suasana peletakan batu pertama rehabilitasi SDN 001 Tebing, siang tadi.

Karimun, Lendoot.com – Dari 514 kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, hanya sebanyak 115 sekolah yang mendapat bantuan pemerintah pusat untuk rehabilitasi sekolah dasar. Salah satunya, SDN 001 Tebing yang berada di Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun ini.

Anggaran sekitar Rp 1 miliar lebih atau sekitar Rp 1,065 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) itu telah dikucurkan untuk merehabiltasi SDN 001 Tebing. Dengan bantuan ini, Kepala SDN 001 Tebing, Johan saat sambutan acara peletakan baru pertama rehabilitasi sekolah itu mengucapkan rasa syukurnya.

“Dari tiga sekolah diusulkan pemerintah daerah, Alhamdulillah sekolah kita yang mendapat bantuan dari pemerintah pusat, kata Johan dalam sambutan acara yang dihadiri puluhan orangtua/wali murid, RT, RW, pihak kelurahan dan kecamatan saat acara tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim dalam sambutannya mengatakan, setelah bersedia menerima anggaran tersebut, maka pihak panitia bersedia juga harus bersedia mempertanggungjawabkan.

“Ini menjadi tanggungjawab sekolah, orangtua, lingkungan dan pemerintah daerah. Jadi kami minta kerjasama dari bapak ibu, guru, paguyuban, mari kita pantau, kita awasi.

“Kalau ada kejanggalan dalam proses pekerjaannya, cepat laporkan. Daripada kita diproses badan hukum ketika sudah selesai pengerjaan. Kejaksaan juga ikut mengawasi jalannya proyek ini,” katanya.

Bakri mencontohkan, jika dalam proses pembangunan nanti ada material yang tidak sesuai RAB-nya, maka masyarakat dan oragntua ikut mengawasi. “Mari awasi dan laporkan. Sebab kalau bangunannya tidak bagus, tidak baik, yang menerima eksesnya anak-anak kita juga,” terangnya.

 

Bakri menambahkan, pemberian program rehabilitasi ini karena sebab pengerjaan proyek sekolah selama ini tidak pernah timbul masalah, apalagi masalah hokum. “Jadi di tingkat kementerian, kita  sudah sangat dikenal. Kita tidak pernah ada masalah. Makanya kita harap mudah dapat bantuan-bantuan itu dapat lagi kalau kita sama-sama ikut mengawasi,” ujarnya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Disdik Karimun, Kasta Rizalta yang mendampingi Bakri Hasyim mengatakan pada 2019 ini, SDN di Kabupaten Karimun sudah mendapatkan Rp 30 miliar dana pusat, sementara untuk SMP sekitar Rp 10 miliar.

Dengan dana Rp 1 miliar lebih tersebut, SDN 001 Tebing nantinya ditambah satu bangunan bertingkat dan satu bangunan biasa. Dari dua banguan tersebut, nantinya sekolah tersebut akan menambah enam ruang kelas baru lagi. (muhdsarih)