Aktivitas Penerbangan di Bandara Raja Haji Abdullah. Foto : Lendoot.com/rk

Karimun, Lendoot.com – Maskapai Susi Air kembali membukan rute penerbangan perintis rute Kabupaten Karimun tujuan Pekanbaru, Provinsi Kepri.

Pembukaan rute itu setelah Kota Pekanbaru selesai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah pemutusan mata rantai penyebaram Covid-19.

Pemberlakukan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor 7 tahun 2020 pertanggal 6 Juni 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tentang pemberlakuan new normal life.

Pelaksana tugas Kaur Tata Usaha (KTU) Bandara RHA Karimun Kukuh Arjunanto mengatakan, para calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan melewati Bandara RHA harus melengkapi diri dengan hasil pemeriksaan rapid tes atau PCR yang masih berlaku.

“Jadi penumpang cukup dengan melengkapi hasil rapid tes yang berlaku 3 hari atau PCR yang berlaku 7 hari yang menyatakan nonreaktif atau negatif Covid 19,” ujar Kukuh, Senin (22/6/2020).

Ia mengatakan, penumpang juga harus mendapatkan surat clearence dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebelum melakukan keberangkatan.

“KKP memang standby disini, mereka yang nanti akan melakukan pengecekan kesehatan seluruh penumpang. Kemudian diberikan surat clearance, setelah dapat cleareance baru mereka boleh check in. jika tidak diterbitkan surat ini maka tetap tidak bisa diberangkatkan,”jelasnya.

Kukuh mengatakan, untuk jadwal keberangkatan nantinya tetap akan dilakukan pada hari Senin dan Kamis dengan rute Karimun-Pekanbaru, dan Sabtu untuk rute Karimun-Dabo Singkep.

“Tapi penumpang diarahkan paling tidak satu setengah jam sebelum berangkat harus sudah di bandara,”katanya.

Sebelumnya diberitakan, Aktivitas Penerbangan di Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA), Sei Bati Kecamatan Tebing sementara terhenti, Jumat (8/5/2020).

Perihal tersebut merujuk kondisi saat ini, usai diterbitkannya larangan mudik oleh Pemerintah Indonesia dan adanya aturan baru dari Menteri Perhubungan (Menhub) terkait layanan transportasi saat Pandemi Covid-19.

Kepala Bandara RHA Fanani Zuhri mengatakan, terhitung sejak 1 Mei 2020 Bandara RHA tidak ada melayani penerbangan perintis dari Karimun- Dabo dan sebaliknya, menyusul penghentian sementara penerbangan Karimun- Pekanbaru yang telah lebih dulu terjadi.

“Iya sementara ini tidak ada aktivitas penerbangan di bandara RHA. Sebelumnya, hanya untuk rute Karimun – Pekanbaru yang dihentikan, namun sejak 1 Mei rute Karimun Dabo juga dihentikan” kata Fanani, Jumat (8/5/2020).

Untuk penerbangan rute Karimun – Dabo, menurut Fanani pihak Susi Air informasinya masih menunggu kabar dari Manajemen Pusat untuk dapat kembali beroperasi.

“Mereka (Susi Air) Informasinya masih menyesuaikan dengan PM 25 tahun 2020. Jadi sementara ini dihentikan, soal seperti apa kedepannya kita akan minta kepastian secepatnya,” kata Fanani.

(rk)