Dua remaja diamankan ketika hendak mencuri di kebun warga. Foto : Lendoot.com/vid

Karimun, Lendoot.com – Inilah manfaat sistem keamanan lingkungan (Siskamling) atau ronda di lingkungan warga. Aksi kejahatan dapat digagalkan setelah warga petugas ronda memergoki dua anak baru gede (ABG) yang hendak melakukan kejahatan di lingkungan kampung.

Aksi pencurian yang digagalkan warga
yang sedang ronda terjadi di Womosari Kecamatan Meral, Senin (22/6/2020) sekira pukul 02.30 WIB.

Awalnya, sebuah sepeda motor Supra Fit bernomor polisi BP 2037 ** yang dikendari ABG membonceng rekannya itu melaju dari arah Batu Besar Batu Lipai. Kemudian, terduga pelaku mematikan sepeda motornya dan berbelok ke arah semak-semak dekat Pos Ronda Sakura Wonosari.

“Saat itu, kebetulan petugas berjaga malam atau ronda, orang kampung kami mendengar ada suara motor berhenti. Tak lama kemudian 2 ABG itu turun dari atas tanpa menghidupkan mesin. Warga curiga, lalu ditangkap dengan warga yang ronda,” kata Hafiz seorang warga kepada lendoot.com.

Awalnya, 2 ABG itu berkilah dan tidak mengakui kalau ada niat jahat di kampung itu. Setelah diperiksa, akhirnya ABG itu mengaku akan mencuri pisang milik warga yang ada di kebun dekat semak-semak itu.

“Saat diperiksa, di jok motornya ada senter dan pisau. Memang mereka niat mau mencuri pisang sesuai pengakuannya,” kata warga lainnya.

Setelah mengakui perbuatannya, 2 ABG itu langsung diamankan ke Polsek Meral Kota. (vid)