Rendang olahan dalam kalengan dari daging qurban.

Batam, Lendoot,com  – Rumah Zakat (RZ) terus melakukan inovasi. Pada tahun 2017 yang lalu, RZ menghadirkan varian baru Superqurban, yakni rendang qurban.

Rendang qurban dibuat dari daging hewan pilihan berkualitas tinggi dan diolah secara higienis. Rendang Superqurban sangat kaya akan gizi, ditambah bumbu rendang khas Minang atau Padang yang lezat. Dengan olahan ini, Rendang Superqurban bisa menjadi sajian istimewa bagi para penerima manfaat.

“Superqurban adalah inovasi distribusi hewan qurban Rumah Zakat dalam bentuk daging di dalam kaleng yang tahan lama sehingga pemanfaatannya menjangkau lokasi di dalam dan luar negeri, daerah bencana dan konflik,” kata Kepala Perwakilan Rumah Zakat Kepri, Muhammad Isa, seperti dikutip dari mediakepri.co.id, Jumat (21/6/2019).

Isa menjelaskan, momen Idul Adha dapat menjadi saat yang tepat bagi umat muslim untuk menyediakan sumber protein hewani, sehingga dapat dimanfaatkan lebih lama dan berkelanjutan.

Program Superqurban dari Rumah Zakat, berbeda dari yang lain. Daging qurban tak langsung dibagikan habis pada hari raya Idul Adha, melainkan daging tersebut diolah menjadi kornet dan Qurban dalam bentuk kaleng seberat 200 gram.

Metode pengolahan Kornet dan Rendang Qurban dalam program Superqurban ini mempunyai manfaat yang lebih baik diantaranya, sesuai syariah. Kornet Superqurban tahan lama hingga jangka waktu 3 tahun.

Hewan dipotong dalam kondisi sehat pada hari raya Idul Adha hingga hari tasyrik. Sebelumnya, hewan qurban di karantina dalam pengawasan dokter hewan. Diproduksi oleh perusahaan yang telah berpengalaman dalam pengemasan produk ekspor, dengan standar halal MUI dan pengawasan BPOM.

Aksi distribusi dilakukan sepanjang tahun. Tidak habis dalam sekejap sepekan Hari Raya Qurban. Program penyaluran bisa lebih terarah dan terencana.

Menjangkau pelosok Indonesia. Menjangkau daerah terpencil, pedesaan dan wilayah jangkauan bencana yang luas.

“Minim resiko dibanding bila di distribusikan dalam wujud hewan hidup” tambahnya lagi.

Memberdayakan Petani Lokal. Seluruh tahapan produksi dilakukan di Indonesia, program ini sangat efektif memberdayakan potensi peternak lokal yang utamanya berbasis di pesantren

Melalui Superqurban, masyarakat dapat berpartisipasi dalam program penyediaan Energi Berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia.

“Qurban Anda akan disalurkan kepada masyarakat Desa Berdaya yang ada di 34 provinsi di Indonesia, sebagai persediaan pangan sumber protein hewani bagi masyarakat,” pungkasnya. (kmg).