Karimun, Lendoot.com – Saat ekonomi terpuruk karena Covid-19, Erlangga Pratama Ramadhan Putra, remaja berusia 17 tahun asal Kabupaten Karimun ini membuka peluang bisnis di bidang kuliner.

Melihat situasi akibat wabah Covid-19 yang terjadi di tanah air, membuat Erlangga menciptakan peluang bisnis dengan mendirikan sebuah Raffa Cafe dengan konsep kekinian (Milenial).

Raffa Cafe yang didirikannya itu terletak di Jalan Bukit Senang, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten.

Keinginan Erlangga untuk masuk dibidang kewirausahaan menunjukkan bahwa tidak harus menunggu tabungan yang banyak dan usia yang cukup.

Tekatnya tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh dari kedua orangtuanya Ahadian Zulseprltriadi dan Fenny Rahayu yang jauh berbanding terbalik.

Diketahui, kedua orangtuanya bergelut dibidang kesenian. Namun, dukungan dan restu orang tua justru tetap menjadi prioritasnya untuk menjalankan sebuah rencana yang besar.

Menurut Erlangga, disituasi Pandemi saat ini merupakan bagian dari seleksi alam yang harus dihadapi dan tidak hanya berpangku tangan dengan keadaan yang terjadi di samping tugas nya sebagai seorang pelajar.

“Berwirausaha bagi saya adalah passion dan kerja keras,” kata Erlangga, remaja yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA itu kepada lendoot.com, Selasa (11/8/2020).

Raffa Cafe yang didirikannya saat ini membuka lapangan pekerjaan bagi pelaku UMKM serta menciptakan kreativitas berpikir yang matang untuk merangsang pola pikir rekan sebayanya.

“Saat ini ada delapan pelaku UMKM kuliner yang bergabung bersama kami untuk mencari nafkah dengan berbagai jenis makanan dan minuman,” ujarnya.

Tekat Erlangga membuka peluang bisnis ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Karimun Aunur Rafiq. Ia menyebutkan hal tersebut merupakan sebuah program ekonomi kreatif yang dihasilkan dari pemikiran generasi muda dalam mendorong inovasi baru.

“Ini adalah satu upaya membangun ekonomi kreatif di Karimun oleh para generasi-generasi muda yang saya kira memiliki inovasi-inovasi cukup brilian,” tambahnya.

(rnd)