Karimun, Lendoot.com – Ratusan pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun antusias ikuti Try Out Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) yang digelar Bea Cukai Kepulauan Riau di Gor Badang Perkasa, Minggu (24/2/2019) kemarin.

Selain Try Out, Bea Cukai Kepri juga melaksanakan Talk Show PKN STAN, Expo Marine Customs dan PKN STAN dan membahas kisi- kisi lulus tes ujian masuk.

Kasubbag Umum dan Kepatuhan Internal Pangkalan Sarana dan Operasi BC Kepri Nasrullah mengatakan, kegiatan tersebut dengan tujuan untuk memberikan persiapan kepada pelajar Karimun yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke PKN STAN.

“Dalam try out ini kita berikan tiga materi soal, antara lain Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris (PBI) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Ada 185 soal yang dikerjakan dengan waktu 2,5 jam, soal- soalnya sama seperti tes PKN STAN,” kata Nasrullah.

Ia mengatakan, selain Try Out ,peserta juga diberikan talk show dimana langsung dipimpin Pemateri dari Pegawai BC tamatan dari PKN STAN. Hal itu dimaksudkan agar materi yang disampaikan masih fresh dan relatable dengan kondisi saat ini.

Ia mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Pemkab Karimun, Kantor Pajak, salah satu tempat bimbingan belajar dan bank di Karimun.

“Harapannya, kedepan semakin banyak anak-anak Karimun bisa lulus dan melanjutkan studi ke PKN STAN yang berlokasi di Bintaro, Jakarta,” ucapnya.

Bagi peserta peraih skor try out tertinggi panitia menyiapkan hadiah menarik berupa uang tabungan plus buku panduan PKN STAN serta bimbel gratis di Kanwil Khusus DJBC Kepri.

Untuk Try Out perdana PKN STAN, sebanyak 700 pelajar SMA sederajat turut serta mengikutinya. Try Out tersebut dilaksanakan secara gratis untuk para pelajar yang berminat untuk menempuh pendidikan di PKN STAN. (parulianturnip)