Foto Istimewa

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 14 rumah di Kecamatan Moro diterjang angin puting beliung pada Rabu (29/1/2020) sekira pukul 14.30 WIB. Peristiwa itu terjadi di Desa Keban RT 001 RW 002 Dusun II Tanjung Judah dan Desa Niur Permai Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Berdasarkan informasi tidak ada korban kejadian itu, hanya saja sebanyak 14 rumah milik warga setempat mengalami kerusakan ringan pada bagian atap dan dua rumah lainnya rusak berat akibat peristiwa itu.

Babinsa Desa Sugie Serka Wahrianto, menurutnya saat ini aparat TNI AD dari Koramil 02/Moro dan Kepolisian Sektor Moro telah diturunkan untuk membantu evakuasi puing- puing atap rumah akibat terjangan angin puting beliung tersebut.

“Awal kejadian warga langsung menghubungi kita, dan kita langsung turun ke lokasi yang terkena dampak puting beliung tersebut,” kata Wahrianto, Rabu (29/1/2020).

Sedangkan, lokasi lainnya yang juga di terjang angin puting beliung adalah Desa Niur Permai, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, aparat TNI AD juga turut membantu proses evakuasi disana.

Dalam proses evakuasi, aparat bersama masyarakat sempat terkendala dengan kondisi jalan yang rusak akibat hujan, namun saat ini sudah tiba dan sedang melakukan evakuasi.

“Saat menuju lokasi sempat kami bersama warga bapak Bambang terkendala kondisi jalan yang rusak dan hujan lebat, karena pada saat itu kami menggunakan kendaraan bermotor,”ujarnya.

Saat ini aparat Babinsa Koramil 02/Moro masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti rumah warga yang terkena dampak bencana alam tersebut.

Adapun jumlah rumah yang alami kerusakan ialah 14 rumah, duantaranya 12 rumah di Tanjung Judah dan 2 rumah di Desa Keban.

Diperkirakan kerusakan akibat terjangan angin puting beliung itu menyebabkan kerugian materil mencapai Rp75 juta. (rk)