Batam, Lendoot.com – Suasana arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini masih terbilang normal. Pantauan Lendoot.com, Minggu (12/05/2019), terlihat arus mudik masih seperti hari-hari biasanya.

Manajemen Bandara Hang Nadim memprediksi lonjakan penumpang akan mulai terasa saat memasuki pertengahan Ramadan mendatang.
Drektur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso mengatakan sepinya arus penumpang di awal Ramadan dinilai masih wajar, mengingat belum memasuki masa peak season mudik lebaran.

“Kalau sekarang masih sepi, masih seperti biasa. Biasanya mulai melonjak saat pertengahan atau minggu kedua Ramadan,” kata Suwarso.

Lonjakan penumpang ini akan semakin meningkat di minggu terakhir atau hari ke-20 Ramadan. Menghadapi momen puncak mudik ini, Bandara Hang Nadim sudah siap memberikan pelayanan ekstra termasuk pengamanan.

“Nantinya kami akan buat posko, penambah pengawasan aparat maupun pengamanan baik dari pihak maskapai sendiri, TNI maupun Polri,” sambungnya

Biasanya peningkatan pengawasan akan dilakukan 7 hari sebelum Idul Fitri. Pada momen ini pihak bandara juga akan melakukan pengetatan pengamanan untuk menghindari adanya penyelundupan barang-barang terlarang.

Antisipasi kalau ada ledakan penumpang, jadi H-7 kita akan mulai buka posko sesuai imbauan Menteri Perhubungan,”katanya.

Hingga siang ini arus mudik yang datang ataupun yang hendak meninggalkan Batam, sama-sama terlihat renggang, namun yang berbeda di antar para pemudik yakni tidak begitu banyak membawa barang bagasi,

Bobi Seorang penumpang dari Batam tujuan Kupang mengaku tidak membawa barang banyak karena terlalu mahal bagasi yang diterapkan oleh maskapai penerbangan saat ini. (ronniye)