Karimun, Lendoot.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam melakukan sidak tempat pasar takjil di Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Rabu (22/5/2019) petang.

Sejumlah petugas dari BPOM dengan didampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun mengambil beberapa sampel makanan dan minuman yang dijual para pedagang.

Dari para pedagang, pihaknya mengambil sebanyak 25 sampel makanan dan minuman untuk diuji dan melihat apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Kepala BPOM Batam, Yosef Dwi Irwan melalui Koordinator kegiatan Ruth Deseanti mengatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan adalah borax, formalin, rhodamin B dan met yellow. Hasilnya, seluruh sampel dinyatakan tidak mengandung bahan berbahaya.

“Kita ambil 25 sample dari jeli, bakso, minuman serta makanan lain. Hasilnya tidak ada ditemukan zat berbahaya,” katanya.

Sebelum melakukan pemeriksa takjil tersebut petugas BPOM juga telah melakukan pemeriksaan produk-produk yang tidak memiliki izin edar dan kadaluwarsa yang dijual disejumlah mini market di Kecamatan Karimun (riandi)