Karimun, Lendoot.com – Pramuka Saka Bahari Lanal TBK menggelar perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) Satuan Karya Bahari dan Pelantikan Angkatan X  tahun 2020, Jumat (17/1/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Posal Leho TNI AL Lanal TBK Karimun Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono mengatakan, perkemahan Perjusa satuan karya bahari ini diikuti oleh saka bahari dari SMA, SMK dan MAN Karimun sekitar 100 peserta dan rutin akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Perjusa Saka Bahari Lanal TBK ini bertujuan menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengalaman sesama anggota Pramuka Satuan Karya Bahari di wilayah Kabupaten Karimun.

“Perkemahan Perjusa ini rutin akan kita lakukan. Ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan kepramukaan khususnya dibidang kebaharian, yang dapat menjurus kepada kemandirian penghidupannya di masa mendatang.

“Kemudian dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan serta meningkatkan sikap dan cara berpikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup, terutama yang menyangkut kebaharian,” ujar Danlanal.

Danlanal TBK yang juga sebagai Kamabisaka Bahari itu juga berharap, dengan dilakukan perkemahan Jumat-Sabtu ini dapat menambah wawasan kebangsaan tentang kebaharian dan kemandirian serta sebagai kekuatan pengganda untuk pertahanan negara.

“Harapan saya perkemahanan Jum’at Sabtu ini dapat menambah wawasan tentang kebaharian dan kemandirian sebagai kekuatan pengganda untuk pertahanan negara. Negara kita Republik Indonesia adalah merupakan negara kepulauan yang mana dua pertiga wilayah Indonesia adalah merupakan laut,” ujarnya. (riandi)