Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim
Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Pemerintah Kabupaten Karimun mulai mempersiapkan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2019. Dijadwalkan, MTQ tingkat Kabupaten akan digelar pada April mendatang.

MTQ IX Kabupaten Karimun tahun 2020 itu, akan dimulai dari tahapan Kecamatan yang dimulai pada bulan Febuari nanti. Untu tuan rumah MTQ Kabupaten Karimun sendiri ialah Kecamatan Meral dan dipusatkan di Lapangan Imperium Jalan Jendral Sudirman Poros Kecamatan Meral.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, saat ini Pemerintah daerah sudah menggelar rapat untuk persiapan MTQ IX tahun 2020 Kabupaten Karimun.

“Dari masing- masing Kecamatan sudah di schedulkan pelaksanaannya. Target bulan Maret ini sudah selesai untuk tingkat Kecamatan, dan April awal sudah kita mulai persiapkan untuk tingkat Kabupaten,” kata Anwar di Kantor Bupati Karimun, Jumat (17/1/2020).

Ia mengatakan, jadwal pelaksanaan MTQ Kabupaten berpengaruh terhadap pelaksanaan ditingkat Provinsi Kepri. Dimana, pada awalnya MTQ Provinsi Kepri digelar pada Mei 2020, dipercepat menjadi April 2020.

“Jadi info diterima MTQ Provinsi dipercepat jadi bulan April, sehingga kita mengikuti,” katanya.

Berdasarkan jadwal, Kecamatan Pertama yang akan melaksanakan MTQ ialah Kecamatan Meral yakni pada 1 Febuari, dan dilanjutkan oleh Kecamatan Durai pada 3 Febuari, Meral Barat 5 Febuari, Kundur 7 Febuari, Buru 9 Febuari, Tebing 11 Febuari, Kundur Utara 13 Febuari, Karimun 15 Febuari, Moro 17 Febuari, Belat 19 Febuari, Kundur Barat 21 Febuari dan Ungar 23 Febuari.

“Jadi hasil dari seleksi Kecamatan ini lah yang nanti akan bersaing di tingkat Kabupaten dan mewakili Karimun di tingkat Provinsi,” katanya.

Anwar yakin qori dan qoriah Kabupaten Karimun dapat meraih hasil maksimal dalam perhelatan MTQ Kecamatan dan Kabupaten serta kembali mengharumkan nama Karimun dalam ajang MTQ Provinsi Kepri.

“Kita meminta doa dari masyarakat agar MTQ di Karimun dapat berjalan dengan baik dan nantinya Karimun bisa menjadi juara umum dalam MTQ Provinsi Kepri lagi,” katanya. (rk)